7 Peninggalan Kerajaan Singasari yang Masih Ada hingga Kini

Rabu, 22 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A

4. Arca Amoghapasa


Arca ini merupakan salah satu dari delapan arca yang dibuat oleh Raja Kertanegara sebagai hadiah untuk kerajaan-kerajaan bawahan dan sekutunya. Amoghapasa saat ini terletak di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.



Arca ini menggambarkan sosok Buddha Amoghapasa, yang merupakan salah satu manifestasi dari Buddha Amitabha. Arca Amoghapasa memiliki delapan lengan yang masing-masing memegang sebuah benda simbolis, seperti cakra, naga, dan teratai.

5. Prasasti Wurare


Prasasti Wurare memuat informasi tentang penobatan arca Mahaksobhya di sebuah tempat bernama Wurare. Ini melambangkan Raja Kertanegara yang telah mencapai derajat Jina (Buddha Agung).

Prasasti Wurare ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan aksara Jawa Kuno, dan bertarikh 1211 Saka atau 21 November 1289 Masehi.

Prasasti ini juga menceritakan tentang sejarah pembagian Jawa menjadi Jenggala dan Panjalu oleh seorang pendeta sakti bernama Aryya Bharad. Prasasti ini kini berada di Jalan Taman Apsari, Surabaya, dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

6. Arca Dwarapala


Arca Dwarapala menjadi salah satu dari empat arca yang dibuat oleh Raja Kertanegara sebagai penjaga pintu masuk ke istana kerajaan. Arca ini menggambarkan sosok raksasa yang berdiri dengan sikap gagah dan menakutkan.

Arca Dwarapala memiliki bentuk memegang sebuah gada, yang merupakan senjata khas dari raksasa. Arca Dwarapala ini terletak di Museum Indonesia, Jakarta.

7. Prasasti Manjusri


Prasasti Manjusri juga merupakan sebuah prasasti yang berasal dari Kerajaan Singasari, yang terpahat pada bagian belakang Arca Manjusri. Prasasti ini memuat informasi tentang pembangunan sebuah candi yang ajaib oleh Adityawarman.

Prasasti ini awalnya ditemukan di Candi Jago, tetapi kemudian dipindahkan ke Museum Nasional, Jakarta. Prasasti ini merupakan salah satu sumber sejarah penting untuk mempelajari Kerajaan Singasari dan hubungannya dengan Kerajaan Majapahit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)