8 Situs Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang Tersebar di Indonesia, Ada Candi hingga Prasasti

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 13:45 WIB
loading...
8 Situs Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang Tersebar di Indonesia, Ada Candi hingga Prasasti
Candi Muara Takus merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang terletak di desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Riau. Foto/Disparbud Kamparkab
A A A
JAKARTA - Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim yang sangat penting dalam sejarah Asia Tenggara di masa lampau. Menurut catatan sejarah, kerajaan ini berpusat di Pulau Sumatra dan menjadi yang terkuat di masa kejayaannya.

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Sriwijaya memberikan jejak bersejarah yang menarik untuk diulas. Berikut beberapa situs peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang tersebar di wilayah Indonesia.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya dalam Bentuk Situs Bangunan


1. Candi Muara Takus


Candi Muara Takus terletak di desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Riau. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini sempat menjadi kandidat dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009.



Candi Muara Takus mencerminkan kebesaran kerajaan Hindu-Buddha yang pernah berkuasa di sini. Dibangun pada abad ke-8 hingga ke-10 Masehi, candi ini menampilkan arsitektur khas candi Hindu dan candi Budha yang menunjukkan adanya kerukunan antara kedua agama tersebut.

2. Candi Talang Tuwo


Terletak di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, candi ini menjadi peninggalan candi Buddha yang penting dalam sejarah kerajaan Sriwijaya.

Candi Talang Tuwo memiliki struktur candi utama dengan dinding batu yang dihiasi dengan ukiran-ukiran halus dan ornamen-ornamen khas Buddha. Di sekitarnya, terdapat struktur candi-candi kecil dan situs-situs arkeologi lainnya yang menambah nilai historis dan arkeologis kompleks ini.

3. Candi Karang Birahi


Candi Karang Berahi adalah kompleks candi Hindu-Buddha yang terletak di sekitar kawasan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Peninggalan ini menandakan kehadiran Sriwijaya sebagai pusat keagamaan dan budaya pada masa lalu.



Candi Karang Berahi memiliki arsitektur khas Hindu-Buddha dengan stupa dan relief-relief yang menggambarkan cerita-cerita dan ajaran-ajaran agama Buddha serta dewa-dewi Hindu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8152 seconds (0.1#10.140)