Sejarah dan Asal-usul Orang Nias, dari Mitos hingga Penelitian Arkeologi

Selasa, 07 November 2023 - 10:52 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2013, penelitian genetika yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral Departemen Biologi Molekuler Forensik Erasmus MC menyimpulkan bahwa masyarakat Nias berasal dari rumpun bangsa Austronesia. Mereka kemungkinan datang dari Taiwan melalui jalur Filipina sekitar 4.000-5.000 tahun yang lalu.

Selain itu, masih ada sebuah mitos yang menjelaskan asal-usul orang Nias. Hingga saat ini kisah tentang leluhur Nias banyak didasarkan pada cerita lisan Nias yang dikenal dengan sebutan Hoho.



Salah satu Hoho yang cukup terkenal, yakni manusia pertama yang tinggal di Pulau Nias disebut sebagai sowanu atau ono mbela.

Mitosnya, ono mbela merupakan keturunan penguasa kayangan bernama Ibu Sirici. Ono mbela diketahui jumlahnya sebanyak enam orang.

Hingga pada suatu hari sang penguasa kayangan memerintahkan keenam keturunannya untuk turun ke bumi menggunakan Liana Lagara yang merupakan jenis tumbuhan merambat.

Dalam perjalanannya turun ke bumi, para keturunan kayangan tersebut terbelah menjadi dua. Sebagian memilih untuk tetap di atas pohon dan sebagian lainnya turun ke bumi.

Ono mbela adalah keturunan Ibu Sirici yang memutuskan untuk tetap di atas pohon dengan ciri berkulit putih dan paras yang cantik.

Sedangkan keturunan Ibu Sirici yang turun ke bumi akan tinggal di gua, golongan ini disebut Nadaoya atau manusia gua dengan ciri tubuh besar dan kulit yang berwarna gelap.

Kisah-kisah lisan dan mitos ini tetap menjadi landasan bagi tradisi lokal dan berbagai norma yang masih ditaati oleh penduduk Nias hingga hari ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)