Sejarah dan Asal-usul Orang Nias, dari Mitos hingga Penelitian Arkeologi

Selasa, 07 November 2023 - 10:52 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Orang Nias, dari Mitos hingga Penelitian Arkeologi
Sejarah dan asal-usul orang Nias. Foto/museum-nias.org
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal-usul orang Nias menarik diulas. Orang Nias, yang akrab dikenal suku Nias, merupakan penduduk asli Pulau Nias.

Nias merupakan sebuah pulau yang terletak di barat Pulau Sumatera . Secara administratif, Pulau Nias masuk ke dalam Provinsi Sumatera.

Pulau Nias terkenal dengan budaya dan tradisinya yang unik. Orang Nias juga memiliki sejarah dan asal-usul yang menarik.

Berikut jejak peradaban orang Nias dari masa pra-sejarah hingga perkembangan budaya dalam kehidupan sehari-harinya.

Sejarah dan Asal-usul Orang Nias


Salah satu ciri khas yang paling mencolok dari peradaban kuno Nias adalah megalitik, yang mencakup berbagai jenis monumen batu, termasuk batu bangunan, patung, dan prasasti.



Suku Nias, yang mendiami Pulau Nias, disebut sebagai 'Ono Niha' dalam bahasa asli mereka. 'Ono' memiliki arti 'anak' atau 'keturunan,' sementara 'Niha' berarti 'manusia.' Masyarakat Suku Nias tinggal dalam lingkungan adat dan budaya yang kaya dan lestari.

Mitos asal usul Suku Nias mengacu pada kisah tentang "Sigaru Tora’a," pohon kehidupan yang terletak di Teteholi Ana’a. Cerita ini berkisah tentang kedatangan manusia pertama ke Pulau Nias selama masa pemerintahan Raja Sirao.

Raja ini memiliki sembilan putra yang bersaing untuk mendapatkan takhta Sirao. Mereka dianggap sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Nias.

Di sisi lain, penelitian arkeologi sejak tahun 1999 telah mengungkapkan bahwa Pulau Nias sebenarnya telah dihuni sejak sekitar 12.000 tahun yang lalu oleh imigran dari daratan Asia, atau bahkan hingga 30.000 tahun yang lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)