alexa snippet

Harimau Jawa Terlihat di Taman Nasional Ujung Kulon

Harimau Jawa Terlihat di Taman Nasional Ujung Kulon
Harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) tertangkap kamera petugas di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang.Foto/Ilustrasi
A+ A-
PANDEGLANG - Harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) tertangkap kamera petugas saat sedang memangsa banteng di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang. Kabar tersebut merupakan kabar gembira, sebab sebelumnya Harimau Jawa sudah dinyatakan punah

Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat mengatakan, binatang yang diduga Harimau Jawa tertangkap kamera di Padang Pengembalaan Cidaon di Semenanjung Ujung Kulon dua minggu lalu tepatnya pada 25 Agustus 2017. Dari ciri-ciri yang terlihat oleh petugas memang mengarah kepada Harimau Jawa.

Ciri yang menguatkan yakni dengan adanya warna kulit loreng. Namun, beda dengan Macan Tutul Jawa yang kerap ditemukan oleh petugas. "Dua minggu lalu, kawan-kawan (petugas TNUK) melihat ada kucing berukuran besar. Tapi, ada lorengnya berbeda dengan Macan Tutul yang biasa dijumpai oleh teman-teman di Ujung Kulon," kata Mamat, Rabu (13/9/2017).

Meski begitu, untuk memastikan apakah itu hewan yang sudah dinyatakan punah puluhan tahun lalu itu. Pihaknya sudah menerjunkan tim survei untuk mencari tahu keberadaan harimau jawa tersebut. "Kita berharap memang mudah-mudahan masih ada (Harimau Jawa). Di situ (padang pengembalan Cidaon) termasuk habitatnya, karna banyak mangsa seperti Banteng, " ujarnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top