Asal-usul Nama dan Sejarah Trenggalek, Kabupaten yang Dijuluki Kota Gaplek

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 10:54 WIB
loading...
Asal-usul Nama dan Sejarah Trenggalek, Kabupaten yang Dijuluki Kota Gaplek
Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki julukan Kota Gaplek. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur . Daerah ini terletak di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah dengan beberapa kabupaten.

Kabupaten Trenggalek berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di sebelah utara dan Kabupaten Tulungagung di sebelah timur. Kemudian di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo.

Trenggalek memiliki luas wilayahnya mencapai 1.261,40 km2 yang terbagi menjadi 14 Kecamatan dan 157 desa. Dari seluruh wilayah yang dimilikinya, terdapat asal-usul sejarah yang menarik untuk dibahas.

Sejarah Trenggalek


Dikutip dari laman Kemendikbud, perjalanan sejarah Trenggalek dimulai pada masa prasejarah. Ada sebuah peninggalan tanda-tanda di suatu tempat berdasarkan penemuan artefak-artefak dan adanya batu peninggalan berupa alat rumah tangga, alat berburu dan sebagainya.



Daerah yang dijuluki dengan Kota Gaplek ini sejak zaman prasejarah sudah menjadi jalur lalu lintas mulai dari Barat Sampung Ponorogo-Pacitan dan juga dari Timur Wajak menuju Tulung dengan melewati rute darat dan juga laut.

Masuknya agama Hindu telah melahirkan Kerajaan-kerajaan Hindu, begitu pula dengan datangnya agama Islam dan juga agama Budha.

Kedatangan Mpu Sindok dari Mataram menuju Timur tercatat mendirikan sebuah kerajaan bernama Kahuripan. Kala itu dirinya dilindungi oleh Kademangan Kampak saat melakukan pelarian ke wilayah timur.

Atas jasanya itu, Kademangan Kampak kemudian diangkat daerahnya menjadi daerah Sima Perdikan atau Swatantra atau daerah otonomi setara dengan kadipaten yang membawahi beberapa kademangan-kademangan. Peresmian itu telah tertulis jelas dalam prasasti Kampak pada tahun 1851 saka atau 929 masehi.

Kamulan merupakan sebuah prasasti yang lengkap dalam menyebutkan kapan dibuatnya dan siapa yang memerintahkan untuk membuatnya. Dalam prasasti ini telah dicatatkan tanggal pembentukan dari Kabupaten Trenggalek yakni pada tanggal 31 Agustus 1194.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)