Sejarah dan Asal-usul Nama Kabupaten Subang, Pemilik Julukan Kota Nanas di Jawa Barat

Kamis, 26 Oktober 2023 - 17:10 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nama Kabupaten Subang, Pemilik Julukan Kota Nanas di Jawa Barat
Asal-usul nama Kabupaten Subang memiliki beberapa versi. Foto/Wikimedia Commons
A A A
JAKARTA - Subang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat . Melihat riwayatnya, daerah ini memiliki sejarah dan asal-usul penyematan nama yang menarik disimak.

Pada letaknya, Subang berbagi perbatasan dengan sejumlah wilayah lain di sekitarnya. Berdasarkan Undang Undang Nomor 4 tahun 1968, daerahnya berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Sumedang di timur, Kabupaten Bandung di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di bagian barat.

Lebih jauh, seperti apakah sejarah dan asal-usul penyematan nama Subang ini?

Sejarah dan Asal-usul Nama Subang


Layaknya nama daerah atau wilayah lain di Indonesia, Subang juga memiliki riwayatnya sendiri. Dalam hal ini, ada beberapa versi terkait asal-usul penyematan kata ‘Subang’ sebagai nama wilayah tersebut.



Mengutip laman Kemendikbud, Kamis (26/10/2023), asal muasal nama ‘Subang’ bisa diketahui dari cerita rakyat, tulisan sejarah, hingga ingatan kolektif masyarakat setempat. Meski demikian, dari sekian banyak belum bisa dipastikan kebenarannya.

Versi pertama diambil dari sebuah cerita rakyat. Dalam hal ini, Subang berasal dari kata Suweng.

Sebagai informasi, Suweng ini merujuk pada penyebutan perhiasan yang biasa dikenakan perempuan di bagian telinga. Masyarakat umum lebih mengenalnya sebagai anting.

Pada cerita rakyat lain, kata Subang dikatakan berasal dari nama seorang perempuan yang pernah tertulis dalam Babad Siliwangi. Mereka adalah Subanglarang atau Subangkarancang.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)
pixels