Legislator PKB Dorong Pelaku UMKM Orientasi Ekspor

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 07:40 WIB
loading...
Legislator PKB Dorong Pelaku UMKM Orientasi Ekspor
Anggota Komisi VI DPR Siti Mukaromah mendorong masyarakat Cilacap, khususnya pelaku UMKM meningkatkan kualitas produknya. Foto/Istimewa
A A A
BANYUMAS - Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah mendorong masyarakat Cilacap khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produknya dengan berorientasi ekspor.

"Produk UMKM harus terus dikembangkan dan mengarah, serta berorientasi ekspor. Produk harus memiliki daya saing di pasar global," kata Erma, dalam kegiatan Sosialisasi BP Batam dengan tema "Membangun Semangat Ekspor untuk Peningkatan Ekonomi Nasional", berlangsung di Banyumas, Jumat (27/10/2023).



Erma menambahkan, salah satu wilayah Indonesia yang sangat strategis untuk kegiatan ekspor adalah Batam. Pulau Batam secara geografis memiliki letak yang sangat strategis. berada diantara negara Singapura dan Malaysia, yang dipisahkan oleh Selat Malaka.

Batam telah berkembang sebagai daerah industri perkapalan, perdagangan, dan pariwisata secara progresif selama 51 tahun terakhir. Selain dikenal sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Pemerintah Pusat juga telah menetapkan dua kawasan Ekonomi Khusus di Batam.

Dalam sambutan wakil Ketua BP Batam, Purwiyanto, menambahkan bahwa sebagai gerbang internasional di Indonesia Bagian Barat Batam membutuhkan infrastruktur yang menghubungkan Kota Batam dengan seluruh dunia.

"Untuk itu BP Batam menggandeng konsorsium melalui PT Bandara Internasional Batam yang dibentuk oleh PT Angkasapura I, Incheon International Airport Corporation dan PT Wijaya Karya," tambahnya.

Selain memperkuat armada udara BP Batam juga tengah berbenah untuk mempersiapkan sarana pelabuhan yang modern tepatnya pada Bulan April 2023 lalu BP Batam telah mendatangkan 1 unit Ship to Shore (STS) Crane untuk mempercepat layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Kargo Batu Ampar.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4355 seconds (0.1#10.140)