25 Ekor Penyu Langka Dilepasliarkan ke Pantai Kuta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 13:15 WIB
loading...
25 Ekor Penyu Langka Dilepasliarkan ke Pantai Kuta
Sebanyak 25 ekor penyu hijau dilepasliarkan ke Pantai Kuta.Foto/SINDONews/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Sebanyak 25 ekor penyu hijau dilepasliarkan ke Pantai Kuta , Bali, Rabu (5/8/2020). Puluhan ekor satwa langka itu sebelumnya diamankan polisi saat diselundupkan ke Bali.

Sebagian besar penyu yang dilepasliarkan telah berusia di atas 30 tahun. "Diameternya rata-rata sudah lebih dari satu meter," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali Agus Budi Santoso.

Dia menjelaskan, sebelum dilepasliarkan, satwa yang dalam bahasa latin bernama chelonia mydas itu sudah dipastikan dalam kondisi sehat. Penyu juga tidak mengalami penjinakan sehingga ketika sudah dilepas tidak mudah tertangkap.

(Baca juga: Pascabanjir Bandang Jalan Lintas Barat di Tanggamus Tertutup Lumpur )

Direktur Poliarud Polda Bali Kombes Pol Toni Ariadi Effendi mengatakan, penyu-penyu itu diamankan ketika diselundupkan dari Banyuwangi ke Bali melalui pelabuhan Serangan, Denpasar, 11 Juli lalu.

Ada tujuh orang yang ditangkap dan saat ini masih dalam proses penyidikan untuk bisa disidangkan. "Barang buktinya sebenarnya ada 36 ekor penyu, tapi sisanya tidak ikut dilepaskan untuk barang bukti di pengadilan nanti," ujarnya.

(Baca juga: 5 Orang Positif COVID-19, 2 Puskesmas di Nagan Raya Ditutup )

Berdasarkan ketentuan CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna), semua jenis penyu laut telah dimasukkan ke dalam appendix I yang artinya perdagangan internasional penyu untuk tujuan komersil dilarang.

Badan konservasi dunia (IUCN) memasukkan penyu hijau sebagai satwa yang terancam punah. Di Indonesia, Undang Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya menyatakan pelaku perdagangan (penjual dan pembeli) satwa dilindungi seperti penyu itu bisa dikenakan hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta.

Aksi pelepasliaran penyu itu menjadi daya tarik wisawatan yang kebetulan berkunjung ke Pantai Kuta. Mereka berbaur membantu puluhan penyu itu masuk ke air laut.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)