Ngeri! Penampakan Harimau Sumatera Masuk Halaman Masjid di Solok

Jum'at, 31 Mei 2024 - 12:50 WIB
loading...
Ngeri! Penampakan Harimau Sumatera Masuk Halaman Masjid di Solok
Harimau Sumatera terekam kamera CCTV masuki halaman Masjid H. Alius Lubuk Selasih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Foto/Tangkapan Layar
A A A
SOLOK - Seekor harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)terekam kamera CCTV di halaman Masjid H. Alius Lubuk Selasih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Harimau itu terekam Kamis (30/5) pukul 00.30 WIB.

Video berdurasi sekira 2 menit 45 detik merekam kedatangan harimau tersebut, sempat berhenti dan berdiri seperti mencari mangsa, kemudian lebih maju. Harimau tersebut sempat tidak terekam seutuhnya karena tidak tertangkap kamera.

Namun beberapa detik kemudian harimau tersebut lari ke hutan ditempat yang gelap.



Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Lugi Hartantomembenarkan kejadian tersebut, bahkan satu minggu sebelum kejadian tersebut, timnya sudah mendeteksi keberadaan satwa yang dilindungi tersebut.

“Timkita di lapangan mendapat laporanpada Kamis, 30 Mei 2024 sekira pukul 02.00 dini hari.Tim melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan habitatnya di kawasan hutan,” kata Lugi, Jumat (31/5/2024).

Kawasan itu memang habitatnya di daerah konservasi, jadi wajar dia sering keluar di daerah itu, namun yang terpenting kata Lugi, harus beradaptasi dengan harimau tersebut. “Bahkan hewan itu sendiri takut dengan manusia, kalau dia bertemu pasti menghindar,” ujarnya.



Yang dilakukan saat ini, pihak BKSDAmelakukan upaya mitigasi dan mengedukasi agar masyarakat tenangdantidak terdapat korban jiwa baik manusia maupun satwa.

“Kita jugaberkoordinasi dengan Polsek Gunung Talang, Polres, Babinsa dan Pemerintahan Nagari untuk membantu melakukan penggiringan. Hingga tadi malam Tim gabungan masih melakukan penghalauan bersama,”katanya.

Penghalauan yang dilakukan itu dengan membunyikan meriam karbit, agar satwa tersebut tidak mendekati wilayah tersebut. “Kita menghalauberdasarkan analisa CCTV, jadikemana arah pergerakannya,tim masihintensmelakukan penghalauan,” ucapnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)
pixels