Pascabanjir Bandang Jalan Lintas Barat di Tanggamus Tertutup Lumpur

loading...
Pascabanjir Bandang Jalan Lintas Barat di Tanggamus Tertutup Lumpur
Material lumpur dan tanah masih menutup sebagian ruas jalan lintas barat Sumatera di Kabupaten Tanggamus pascaditerjang banjir bandang. Foto/INEWSTv/Indra Siregar
A+ A-
TANGGAMUS - Pascabanjir bandang yang menerjang Pekon Sedayu dan Way Kerap, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Rabu (5/8/2020), masih terlihat material tanah dan lumpur menutupi sebagian ruas jalan lintas barat Sumatera.

Pemkab Tanggamus telah mengerahkan alat berat untuk membuka akses dan membersihkan jalan dari lumpur. (BACA JUGA:Banjir Besar Memutus Jalur Lalulintas di Tanggamus)

Pantauan di jalur lintas barat Sumatera itu, tampak arus lalu lintas di kedua desa yang diterjang banjir sudah bisa dilewati melalui jalur alternatif dari arah Kota Agung, Tanggamus maupun Kabupaten Pesisir Barat. (BACA JUGA:Memprihatinkan, Jalan Trans Sulawesi di Konawe Kondisinya Rusak Parah)

Material tanah, lumpur, dan bebatuan masih terlihat menutupi jalan lintas barat Sumatera di Pekon Way Kerap. Begitu juga di Pekon Sedayu, tepatnya tanjakan menuju Taman Nasional Bukit Barisan (TNBB). (BACA JUGA:Polisi dan Tim Gabungan Siaga Tanggulangi Banjir di Tanggamus)

Pengemudi kendaraan yang akan melintas diminta berhati-hati melewati jalur tanjakan Sedayu mengingat material lumpur menutupi jalan.



Kendaraan minibus bisa melewati jalur alternatif dari Kecamatan Wonosobo. Sedangkan kendaraan angkutan barang diminta menunggu hingga pembersihan material tanah yang menutupi jalan selesai.

Anggota Satlantas Polres Tanggamus Bripka Bayu Novian Ikhsan siaga di lokasi, Pekon Sedayu. Bayu tampak mengatur arus lalu lintas dan mengingatkan pengendara untuk berhati-hati.

Jalan lintas barat (jalinbar) ruas Kecamatan Semaka, tidak bisa dilewati, sebab disejumlah tirik tertutup banjir dan lumpur material banjir.

Berdasarkan pantauan di lapangan, jalan tertutup longsoran meliputi Simpang Sedayu, Jalan Depan Masjid Imadudin, dan Jalan Depan Mapolsek Semaka. Banjir di ruas jalan Semaka, terjadi mulai sekitar pukul 21.00 WIB.

BPBD Tanggamus menyatakan, sementara ini banjir terjadi di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Menurut Kabid Kedaruratan BPBD Tanggamus, Mansyur sudah mulai turun ke lapangan dan sementara ini informasi yang dilaporkan banjir.

Sementara ini pihaknya masih menghimpun informasi berapa titik lokasi banjir dan longsor serta dampak lain yang timbul. Akibat longsor di sekitar Polsek Semaka, akses jalan lintas tertutup total tidak bisa dilewati kendaraan.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top