Ganjar Pranowo Tegaskan Siap Bantu Disabilitas hingga Mandiri dan Berprestasi

Senin, 16 Oktober 2023 - 21:54 WIB
loading...
A A A
Dari kejadian itulah, Ganjar melakukan evaluasi dan berbenah diri. Sejak saat itu pula, Ganjar selalu mengajak kelompok disabilitas dalam perhelatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dan menjadi kelompok pertama yang boleh bertanya.

Tak hanya kelompok disabilitas, ada juga kelompok perempuan dan anak yang juga selalu dilibatkan. Tiga kelompok ini yang mendapat kesempatan utama memberikan masukan.

"Mereka harus menjadi kelompok pertama yang boleh bertanya, memberikan masukan pada kita sebagai pemerintah agar kita mengerti apa yang mesti kita siapkan untuk mereka. Tujuannya agar mereka bisa setara," terangnya.

Termasuk sejumlah tindakan afirmatif yang harus dilakukan. Misalnya pendampingan, pelatihan, akses modal dan kebutuhan lain agar kelompok-kelompok itu bisa mandiri dan berdaya.

"Saya tadi melihat produk-produk teman-teman ini bagus banget, maka ini harus didukung agar mereka punya akses dan kesetaraan sehingga mereka mendapat pengakuan sosial," tuturnya.

Sementara itu, salah satu penyandang disabilitas di YPAC Malang, Salwa (23) mengaku sangat senang bisa bertemu Ganjar. Ia bersyukur bisa bersalaman dan ngobrol dengan orang yang selalu ia lihat di media sosial itu.

"Aku seneng banget, bersyukur bisa ketemu pak Ganjar. Orangnya ramah, friendly banget," ujarnya.

Ia pun mendoakan Ganjar agar sehat selalu. Ia juga berharap Ganjar tak lelah memperjuangkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

"Dan semoga teman-teman disabilitas seluruh Indonesia juga terus berkembang dan mandiri," tandasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)