Polda Jatim Belum Terima Aduan Kasus 'Fetish Kain Jarik'

loading...
Polda Jatim Belum Terima Aduan Kasus Fetish Kain Jarik
Polda Jatim telah membuka posko pengaduan bagi korban kasus fetish kain jarik berkedok riset yang dilakukan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SURABAYA - Polda Jatim telah membuka posko pengaduan bagi korban kasus fetish kain jarik berkedok riset yang dilakukan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berinisial G. Posko pengaduan secara langsung tersebut melalui nomor telepon 082143578532.

(Baca juga: Polda Jatim Buka Posko Pengaduan Korban Fetish Kain Jarik)

Sayangnya, hingga kini korps bhayangkara tersebut belum menerima aduan maupun laporan dari korban. Polda Jatim pun sudah meminta agar korban melapor ke polisi. Sehingga kasus yang viral di media sosial tersebut bisa diproses secara hukum.

"Kasus inisial G ini mendasari delik aduan. Jadi harus korban yang melapor baru bisa ditindaklanjuti menjadi proses penyelidikan," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim, Selasa (4/8/2020).

Sementara itu, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, telah menerima 15 aduan melalui help center yang dibuka terkait kasus pelecehan seksual fetish kain jarik. Meski telah menerima aduan, kampus negeri tersebut masih kesulitan menggali data. Sebab, rata-rata korban enggan membuka identitas mereka.



"Ya benar ada 15 aduan yang diterima Unair. Tapi itu masih sumir. Nanti secara teknis kita akan bahas yang dari Unair. Kita (dalam kasus ini) juga libatkan Unair dan ada psikolog juga," terang Truno.

(Baca juga: Menjaga Mutu Kopi Robusta Sridonoretno Agar Bersaing di Pasaran)

Sebelumnya, kasus predator "Fetish Kain Jarik" yang viral di media sosial terus menyita perhatian banyak orang. Pelaku yang disebutkan bernama Gilang mengaku sebagai mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair.

Unair pun membenarkan pelaku dugaan pelecehan seksual dengan kedok penelitian di kampus itu terdaftar di FIB Unair. Setelah viral di media sosial, mereka melakukan penelusuran dan menemukan sosok Gilang.

(Baca juga: 3 Bulan Diterjang Banjir, Balita di Wajo Mulai Terserang Gatal)



Juru bicara Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suko Widodo menuturkan, mahasiswa yang bersangkutan tercatat di FIB Unair. "Memang benar adanya. Yang bersangkutan saat ini semester 10 dan merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya," kata Suko, Kamis (30/7/2020).

Sementara itu, sebuah unggahan akun twitter @m_fikris, bercerita dugaan pelecehan yang melibatkan G. Twit tersebut ditulis seseorang yang mengaku sebagai salah satu korban pelecehan. Di awal thread-nya, korban menulis Predator "Fetish Kain Jarik" Berkedok Riset Akademik dari Mahasiswa PTN di SBY. Di unggahannya, korban bercerita jika pelaku memaksa lawan bicaranya membungkus seluruh tubuhnya dengan kain jarik.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top