Sejarah Bung Hatta Bikin Tentara Bergolak dengan Kebijakan ReRa

Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Kebijakan ReRa Hatta juga membuat TNI Masyarakat yang merupakan kelanjutan dari Biro Perjuangan dibubarkan. FDR (Front Demokrasi Rakyat) yang paling keras menentang.

Gubernur Militer Daerah Militer Surakarta di bawah Wikana seorang tokoh kiri, ditiadakan. Tugas-tugasnya diambil alih Dewan Pertahanan Daerah Surakarta. Kelak, FDR (Front Demokrasi Rakyat) bersama PKI melancarkan pemberontakan Madiun 18 September 1948.

Untuk menghindari ledakan konflik, kebijakan ReRa Hatta pertama kali diuji coba kepada kelompok-kelompok di luar FDR, yakni di pasukan di mana pengaruh FDR paling lemah.



Laskar yang menjadi sasaran pertama program Hatta adalah Barisan Pemberontak Rakyat Indonesia yang dipimpin Bung Tomo. Perlawanan pun muncul, yakni dengan menyatakan menolak sekaligus melawan dari Solo Jawa Tengah.

Namun dalam waktu singkat serbuan pasukan Tentara Pelajar yang merupakan detasemen paling berdisiplin dan dihormati, membuat mereka menyerah.

“Pertempuran mengepung barak-barak mereka terjadi di Solo. Setelah dua hari Tentara Pelajar berhasil melucuti mereka,” seperti dikutip dari Sejarah TNI Kodam VII Diponegoro.

Hatta tegas menerapkan kebijakannya. Pembersihan terhadap grup-grup laskar yang merusak nama baik tentara terus dilakukan. Termasuk membersihkan oknum-oknum perwira Laskar tentara yang menyalahgunakan jabatan.

Test case yang dilakukan pemerintah berhasil. Kesatuan-kesatuan lain yang lebih kecil dalam waktu cepat menyatakan patuh kepada program ReRa. Hatta ingin memperlihatkan kepada FDR, bahwa kebijakannya berlaku untuk semua.

Demikianlah sejarah pergolakan tentara yang pernah terjadi di tubuh TNI pada awal-awal kemerdekaan RI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)