alexametrics

Penghuni Rusunawa Keracunan Massal Usai Buka Puasa Bersama Wali Kota

loading...
Penghuni Rusunawa Keracunan Massal Usai Buka Puasa Bersama Wali Kota
Ratusan warga yang tinggal di Rusunawa Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, diduga mengalami keracunan usai menyantap nasi kotak saat acara buka puasa bersama dengan wali kota. Koran SINDO/Farid
A+ A-
TEGAL - Ratusan warga yang tinggal di Rusunawa Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, diduga mengalami keracunan usai menyantap nasi kotak saat acara buka puasa bersama dengan wali kota.

‎Acara buka bersama itu digelar Minggu (18/6/2017) di kompleks Rusunawa dan diikuti penghuni yang tinggal di tiga blok. Dalam acara itu, dibagikan takjil, dan nasi kotak dengan lauk ayam bakar, sambal goreng, perkedel, dan bihun.

Malam dan pagi harinya, warga yang menyantap takjil dan nasi kotak mengalami sejumlah gejala keracunan, seperti mual, pusing, dan muntah-muntah. Mereka pun langsung dilarikan ke Puskesmas Tegal Barat.

Berdasarkan pendataan, jumlah warga yang memeriksakan diri ke puskesmas mencapai 100 lebih. Beberapa di antaranya harus diinfus.

Banyaknya warga yang diduga mengalami keracunan tersebut bahkan membuat pihak puskesmas kewalahan karena terbatasnya ruang pemeriksaan dan perawatan. Akhirnya Puskesmas membuka posko pemeriksaan di kompleks Rusunawa.

‎Salah satu warga, Karmilah (49) mengaku ikut memakan lauk ayam bakar dan sambal yang ada di dalam nasi kotak yang dibagikan panitia acara buka bersama dengan Wali Kota Tegal Siti Masitha. Sekitar pukul 24.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB, ia tiba-tiba mengalami mual, dan muntah-muntah.

"Langsung saya ke Puskesmas. Disuruh rawat inap tapi saya tidak mau. Sekarang masih terasa mual," kata penghuni blok C ini, kepada Sindonews, Senin (‎19/6/2017).

‎Menurut Karmilah, saat dimakan kondisi ayam dan sambal terasa seperti sudah basi. Sementara nasinya, ia mengaku tidak tahu rasanya karena tidak memakannya. "Sambalnya ada rasa kecut. Ayamnya juga kayaknya sudah bau," ungkapnya.

Hal senada dituturkan warga lainnya, Amilatun (55) Dia mulai mengalami sakit pada bagian perut dan muntah-muntah sekitar pukul 03.00 WIB setelah memakan nasi kotak saat acara buka bersama. "Nasi kotaknya dari acara buka bersama dengan wali kota. Saya ikut datang ke acaranya,"  ujarnya.

Seorang staf Rusunawa, Taryo, membenarkan sebelum mengalami gejala keracunan, warga memakan nasi kotak yang dibagikan saat acara buka bersama dengan wali kota, Minggu (18/6/2017).

Nasi kotak itu dipesan oleh rekanan penyelenggara acara. "Yang ikut buka bareng penghuni tiga blok ditambah penyapu jalan dan keamanan. Tiap blok jumlah penghuninya 296 orang," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak