Langka, Kebun Binatang Bandung Perkenalkan Dua Kura-kura Ceper

Minggu, 02 Agustus 2020 - 10:23 WIB
loading...
Langka, Kebun Binatang Bandung Perkenalkan Dua Kura-kura Ceper
Petugas Kebun Binatang Bandung perkenalan kura-kura ceper. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Kebun Binatang Bandung memperkenalkan dua kura-kura ceper bernama latin cyclemys dentata, setelah lahir pada masa pandemi, 15 Mei 2020 lalu. Kura kura ini melengkapi hewan yang nyaris punah.

Kurator Reptil Kebun Binatang Bandung Panji Ahmad Fauzan mengatakan, saat ini kura-kura ceper tersebut dalam keadaan sehat, setelah sebelumnya dilakukan perawatan. Kura-kura ini masih kategori hewan air tawar.

"Pada saat ditemukan, kami segera mengambil tindakan, untuk dirawat secara intensif. Keduanya diberi pakan mujair, kepala ayam, kangkung atau saosin," kata Panji, Minggu (2/7/2020).

Menurut dia, perawatan terhadap kura-kura perlu dilakukan agar bisa tumbuh dan selamat. Menurut dia, adanya campur tangan manusia ini agar harapan hidup kura-kura lebih tinggi.

Apalagi, untuk kura-kura ceper jumlahnya semakin sedikit. Menurut data IUCN, jumlah kura kura dewasa di dunia mendekati angka 10.000. Kendati hidup di habitat air tawar, jenis kura-kura ini mulai sulit ditemukan.

"Saat ini Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi 17 kura-kura, dan 2 kura-kura ceper. Habitat alami kura-kura ini adalah di kolam kecil, sungai kecil dan berarus pelas. Jenis ini banyak ditemui di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali," imbuh dia. (Baca juga: Layanan Rapid Test untuk Penumpang Kereta Api Mulai Diterapkan)

Saat dewasa, kata dia, jenis kura-kura ini bisa sepanjang 25 cm. Sekali bertelur, betinanya bisa memproduksi 2-4 butir telur dengan masa inkubasi 60-75 hari. (Baca juga: Curug Bangkong Kuningan Diserbu Pengunjung Saat Libur Idul Adha)
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)