8 Kerajaan Islam di Indonesia, dari Samudera Pasai hingga Mataram Islam

Sabtu, 23 Maret 2024 - 09:00 WIB
loading...
8 Kerajaan Islam di Indonesia, dari Samudera Pasai hingga Mataram Islam
Kerajaan Islam sempat menguasai nusantara antara abad ke-12 sampai dengan abad ke-13. Foto/IST
A A A
Kerajaan Islam sempat menguasai nusantara antara abad ke-12 sampai dengan abad ke-13. Sepanjang tahun-tahun tersebut, muncul sejumlah kerajaan atau kesultanan Islam besar yang berkuasa.

Masuknya ajaran Islam di Indonesia sendiri sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Namun satu hal yang pasti mengapa kala itu Islam mudah diterima oleh masyarakat, adalah karena ajaran ini dianggap lebih baik dari ajaran sebelumnya.

Dilansir dari jurnal “Jejak Perkembangan Islam pada Kerajaan Islam di Indonesia”, Agama Islam dipandang oleh rakyat yang semua menganut agama Hindu lebih baik karena tidak mengenal kasta, Islam tidak mengenal perbedaan golongan dalam masyarakat.



Islam masuk ke Indonesia tidak datang secara masif dan langsung melainkan secara sedikit demi sedikit. Dalam proses penyebarannya pedagang muslim melakukannya dengan baik dan berbaur dengan masyarakat.

Dari hasil proses islamisasi ini memunculkan kerajaan-kerajaan bernuansa islam di tanah air.

Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia

1. Kerajaan Samudera Pasai (1267-1521)

Kerajaan Samudera pasai pertama kali didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh atau yang dikenal dengan nama Meurah Silu. Kerajaan Samudera Pasai pertama kali didirikan pada tahun 1267.

Kerajaan Samudera Pasai menjadi salah satu kerajaan islam tersukses di Nusantara. Sebab, Samudera Pasai menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah. Samudera Pasai didatangi oleh para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, India, bahkan sampai Tiongkok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3592 seconds (0.1#10.140)