Menegangkan! Relawan Dikejar Api dan Nyaris Terjebak Kebakaran Gunung Bromo

Rabu, 13 September 2023 - 09:03 WIB
loading...
A A A
"Kesadaran saja, saya nggak bisa menggerakkan. Aku nggak ada jaminan, paguyuban cuma bisa ngasih makan dan air mineral, alat dan sebagainya biaya sendiri, kalau sampai ada apa-apa ya nggak tahu, beda kalau temen-temen kayak gini, kalau BPBD Jawa Timur ya ada asuransinya, temen-temen gini susah, urusannya sama pusat saja, nggak mati apinya nggak bekerja," terangnya.

Hal serupa dialami Fendi yang bahkan harus berjalan menelusuri bukit dengan kemiringan mencapai 40 derajat. Belum lagi ketika angin kencang hawa panas begitu terasa di lokasi titik api.

"Makanya teman-teman itu saling mengingatkan, kadang bawa air minum sendiri. Biar nggak dehidrasi, posisinya panas, angin kencang, api langsung membesar, sulit memang kalau alatnya seadanya," ucap Fendi.

Dirinya mengaku menggunakan alat seadanya bahkan tak jarang harus rela menjatuhkan diri ke tanaman tinggi untuk bisa memadamkan bara api.

Doa sadar bila hal itu membahayakan dirinya dan beberapa temannya, tetapi demi api padam mau tidak mau pilihan itu harus diambil.

"Ya resiko penuh resiko kalau itu, secara pengamanan kita juga kurang kok. Semoga saja segera bisa padam, biar kami bisa kerja lagi," pungkas warga Desa Ngadas, Poncokusumo ini.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)