Kebakaran Gunung Bromo Membuat Pelaku Ekonomi di Luar Kawasan TNBTS Menjerit

Rabu, 13 September 2023 - 08:39 WIB
loading...
A A A
Ia menambahkan, bila ketika penutupan pintu masuk bergantian saat kebakaran di bulan Agustus akhir hingga awal September, lalu tidak berdampak parah. Sebab akses Wisata Gunung Bromo intinya masih dibuka.

"Kalau yang kemarin itu nggak sepi gini, meski di sini (pintu masuk Coban Trisula) sempat tutup, tapi masih ada yang ke sini, ini sama sekali," imbuhnya.

Kini Fitrul dan Jumanti berharap proses pemadaman api berjalan lancar dan wisata Gunung Bromo segera dibuka. Sebab ia dan beberapa warga yang berada di luar kawasan TNBTS atau kawasan penyangga wisata menggantungkan hidupnya dari wisatawan.

"Semoga bisa segera padam. Biar wisatawan dari luar Malang banyak yang ke sini," tutupnya.

Sebagai informasi, BB-TNTBS merupakan pengelola di kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Instansi ini memiliki wewenang dalam melakukan perawatan dan pengelolaan wisata taman nasional untuk menambah kas negara.

Saat ini imbas kebakaran, empat pintu masuk kawasan Gunung Bromo mulai dari Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Coban Trisula, Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, dan Senduro di Kabupaten Lumajang ditutup total sejak Rabu 6 September 2023 lalu.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2637 seconds (0.1#10.140)