Kebakaran Gunung Bromo Membuat Pelaku Ekonomi di Luar Kawasan TNBTS Menjerit

Rabu, 13 September 2023 - 08:39 WIB
loading...
Kebakaran Gunung Bromo Membuat Pelaku Ekonomi di Luar Kawasan TNBTS Menjerit
Rest Area Gubugklakah yang biasanya ramai wisatawan kini sepi semenjak penutupan kawasan wisata Gunung Browo akibat kebakaran lahan. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Kebakaran lahan di lereng Gunung Bromo yang belum juga bisa dipadamkan hingga penutupan akses wisata membuat rugi masyarakat di luar area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Mereka merupakan para pedagang dan sejumlah pelaku usaha lain di Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, yang biasa disinggahi wisatawan.



Pantauan di rest area tak ada aktivitas lalu mobil jeep yang mengantarkan wisatawan menuju Gunung Bromo pada Rabu pagi (13/9/2023). Tidak ada kesibukan lalu lalang kendaraan wisatawan dan jeep wisata. Bahkan beberapa loket pembayaran jeep yang biasanya ramai pun tutup.



Hanya tampak petugas berseragam dinas perhubungan dan polisi yang berjaga di rest area bagian luar di Jalan Raya Gubugklakah, menuju pintu masuk TNBTS melalui Coban Trisula.

Para petugas ini berjaga untuk mengantisipasi wisatawan yang masuk menggunakan kendaraan roda dua. Sedangkan di dalam area rest area , beberapa warung dan toko-toko suvenir pernak-pernik Gunung Bromo juga tutup. Hanya tampak beberapa warung yang buka, kendati sepi pengunjung.

Jumanti, salah satu pedagang di Rest Area Gubugklakah menuturkan, sudah sepekan lebih sejak 6 September 2023 wisata Gunung Bromo ditutup, warungnya menjadi sepi.



Biasanya para wisatawan yang datang memarkir kendaraannya di rest area dan memilih menggunakan kendaraan jeep masuk kawasan TNBTS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)