Keren! Ganjar Inisiasi Konsep Sekolah untuk Keluarga Tak Mampu

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Saat ini, ungkap Hardo, Pemprov Jateng sedang melakukan evaluasi khususnya terkait sistem kontrak bekerja yang ada. "Ini bangun lagi ke depan (untuk) langkah selanjutnya. Di sini mengutamakan karakter unggul disiplin relijius. Karakter unggul yang jadi daya tarik industri. Kesamaptaan atau semi militer yang jadi ciri khas kita," jelas Hardo.

Wakil Kepala SMKN Jateng Bidang Humas dan Kerjasama Heri Purnomo menjelaskan, sekolah boarding di Jateng ini ada dua jenis. Pertama sekolah boarding di tiga lokasi, yakni SMKN Jateng di Semarang, setiap tahun menerima 120 siswa baru.

Untuk SMKN Jateng di Pati, setiap tahun juga menerima 120 siswa, dan SMKN Jateng di Purbalingga setiap tahun menerima 96 siswa. Saat ini SMKN Jateng di Semarang totalnya ada 360 siswa, Purbalingga 288 siswa, dan Pati 216 siswa.



Sementara model kedua adalah semi boarding yang ada di 15 tempat SMK di kabupaten dan kota di Jateng, yang masuk kategori miskin. Di masing-masing sekolah itu, setiap tahun terima 30 siswa dari keluarga tidak mampu.

Presiden Jokowi mengapresiasi apa yang diinisiasi Ganjar lewat konsep sekolah gratis ini. "Saya kira ini sebuah inisiatif yang cukup bagus dari Pak Gubernur Jawa Tengah, dulunya ini BLK (Balai Latihan Kerja) digeser menjadi SMK, dan khusus untuk keluarga-keluarga yang tidak mampu," tandasnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)