Pemprov Jabar Belum Tetapkan Gedung Sate Klaster Baru COVID-19, Ini Alasannya

Kamis, 30 Juli 2020 - 21:10 WIB
loading...
Pemprov Jabar Belum Tetapkan Gedung Sate Klaster Baru COVID-19, Ini Alasannya
Gedung Sate tampak lengang nyaris tanpa aktivitas setelah ditutup menyusul kasus 40 pegawai Gedung Sate terkonfirmasi positif Covid-19. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Terungkapnya kasus 40 pegawai Gedung Sate yang terkonfirmasi positif COVID-19 tidak serta merta membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan Gedung Sate sebagai klaster baru penyebaran Covid-19, khususnya klaster perkantoran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan bahwa Gedung Sate sebagai klaster perkantoran Covid-19. (BACA JUGA: Ujian Ridwan Kamil di Balik Satu Abad Gedung Sate )

Alasannya, selama penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Provinsi Jabar, akses menuju gedung yang menjadi pusat perkantoran Pemprov Jabar itu terbuka bagi siapapun. Bahkan, ada pula orang-orang yang masuk ke Gedung Sate untuk melakukan studi banding. (BACA JUGA: 40 Pegawai Dikabarkan Positif COVID-19, Gedung Sate Ditutup 14 Hari )

"Hal ini belum dapat dipastikan klaster perkantoran karena Gedung Sate saat AKB terbuka aksesnya, banyak tamu. Bahkan ada yang studi banding," kata Setiawan dalam konferensi pers yang digelar secara virtual dari Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (29/7/2020).

Selain itu, ujar Setiawan, berdasarkan pola sebaran, ke-40 pegawai yang terkonformasi positif Covid-19 tersebar di beberapa biro kepegawaian. (BACA JUGA: Gedung Sate Ditutup Petugas Keamanan Siaga di Tiap Pintu Masuk )

"Beberapa biro ini tentu memiliki hubungan kerja dengan orang-orang luar yang bervariasi. Jadi, ini belum bisa dipastikan sebuah klaster karena kami tidak melihat pola yang seragam," ujar Sekda Pemprov Jabar.

Sebelumnya, Setiawan memastikan bahwa berdasarkan tes swab terhadap 1.260 pegawai Gedung Sate, 26-28 Juli 2020 lalu, diperoleh hasil 40 pegawai di Gedung Sate terkonfirmasi positif COVID-19.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)