300 Kampung Siaga Corona Dibentuk di Tinggimoncong Gowa

Selasa, 14 April 2020 - 15:26 WIB
loading...
300 Kampung Siaga Corona Dibentuk di Tinggimoncong Gowa
Sebanyak 300 kampung siaga corona dibentuk di Kecamatan Tinggimoncong Gowa. Foto/Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong bersama masyarakat setempat membentuk 300 kampung siaga virus corona alias covid-19. Hal itu merupakan implementasi dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) yang diinstruksikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

"Ini instruksi Bupati Gowa agar bagaimana penerapan PSBK bisa sampai hingga ke tingkat desa, kelurahan bahkan sampai RT/RW," kata Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz, kepada SINDOnews, Selasa (14/4/2020).

Keberadaan kampung siaga corona juga merupakan bentuk komitmen dan sinergi antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder dalam penanganan covid-19. Kecamatan Tinggimoncong yang dijuluki Kota Bunga diketahui menjadi salah satu destinasi wisata andalan Gowa maupun Sulsel.

Menurut Andry, kampung siaga corona diharapkan mampu menjadi sentra edukasi kepada warga tentang bagaimana dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Dia mencontohkan mulai dari cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan standar kesehatan, melakukan physical distancing atau menjaga jarak hingga membiasakan hidup bersih dan lainnya. "Kami telah bergerak masif menangani penyebaran wabah ini agar tidak semakin luas," terangnya.

Sebelumnya, bentuk pencegahan lain yang telah dilakukan Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong yakni menutup sejumlah tempat wisata. Di antaranya yakni Air Terjun Ketemu Jodoh, Malino Highland, Hutan Pinus Malino, Perkemahan Lembanna dan Air Terjun Takapala.

Selain itu, memperketat pemeriksaan terhadap warga yang masuk. Bahkan pihaknya menyiapkan pemeriksaan di tiga pintu masuk Kota Malino untuk membatasi masyarakat maupun pengunjung.

Berdasarkan data Pusat Informasi Covid-19 di Kecamatan Tinggimoncong, hingga saat ini untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 19 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1 orang. Untuk pusat informasi Covid-19 berada di Puskesmas Tinggimoncong melalui layanan 082-346-320-345 dan 082-154-300-919.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4613 seconds (0.1#10.140)