Ini Rekam Jejak 3 Kandidat Penjabat Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Kamis, 03 Agustus 2023 - 11:30 WIB
loading...
Ini Rekam Jejak 3 Kandidat Penjabat Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil
Tiga nama telah resmi ditetapkan DPRD Jawa Barat sebagai kandidat Penjabat (Pj) pengganti Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang masa jabatannya akan berakhir. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
BANDUNG - Tiga nama telah resmi ditetapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat sebagai kandidat Penjabat (Pj) pengganti Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Salah satu dari mereka akan memimpin Jabar setelah masa jabatan Ridwan Kamil berakhir.

Ketiga kandidat itu adalah Prof Asep Nanan Mulyana, Prof Keri Lestari, dan Bey Triadi Machmudin.



Setelah disetujui, ketiga nama yang diputuskan ini langsung dikirimkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk kemudian diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

DPRD Jabar menilai, ketiga nama ini sudah sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kemendagri. Lantas, bagaimana rekam jejak dari tiga kandidat Pj Gubernur Jabar ini?

1. Asep Nanan Mulyana

Prof Asep Nana Mulyana merupakan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dia menyelesaikan studi di Fakultas Hukum Universitas Mataram pada tahun 1994.

Kemudian, Asep melanjutkan Program Magister Ilmu Hukum di Universitas Diponegoro pada tahun 2001 dan menyelesaikan Program Doktor Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran di tahun 2012 dengan predikat cum laude.

Terakhir, Asep dinyatakan sebagai Profesor Kehormatan pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 2022.



Awal karier Asep di Kejaksaan di mulai tahun 1996. Saat itu, ia menjabat sebagai Staf pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI periode 1996-1998. Asep juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Semarang periode 2014-2015.

Kemudian, Asep juga pernah menjabat sebagai Kajati Banten, dan Kajati Jabar. Selama menjabat sebagai Kajati Jabar, pria kelahiran Tasikmalaya, 14 Agustus 1969 itu cukup moncer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)