3 Nama Calon Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil, Eks Kajati hingga Orang Istana

Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:09 WIB
loading...
3 Nama Calon Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil, Eks Kajati hingga Orang Istana
Tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat sudah diputuskan DPRD Jabar. Ketiganya akan disodorkan kepada Kemendagri sebagai pengganti Ridwan Kamil. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
BANDUNG - Tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat sudah diputuskan DPRD Jabar. Ketiganya akan disodorkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pengganti Ridwan Kamil setahun ke depan.

Adapun ketiga nama yang diajukan DPRD Jabar cukup beragam, mulai dari orang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga eks Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar.



Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru'yat mengatakan, tiga nama ini dihasilkan berdasarkan rapat pimpinan yang digelar DPRD Jabar. Pihaknya akan langsung menyerahkan nama itu kepada Kemendagri.

"Dari hasil usulan itu tadi, dengan berbagai pertimbangan terpilih tiga nama, pertama Prof Asep N Mulyana, Prof Keri Lestari, dan Bey Triadi Machmudin. DPRD akan melayangkan surat dengan tiga nama ini," kata Achmad usai rapat pimpinan di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Rabu (2/8/2023).

Menurut Achmad, keputusan tersebut baru sebatas usulan pada Kemendagri. Pasalnya, penetapan Pj Gubernur Jabar bakal diputuskan langsung oleh Jokowi.

"Sesuai amanat bahwa dari DPRD menyampaikan tiga dan Kemendagri juga tiga, nanti kewenangan presiden menentukan," beber Achmad.


Achmad berharap, siapa saja nantinya yang dipilih Jokowi dapat bekerja sesuai fungsinya. Kemudian, yang bersangkutan bisa melanjutkan penyelenggaraan pemerintah secara proporsional, dan bersinergi dengan pemerintah pusat.

"Selain itu, bisa bertanggung jawab ke presiden, dan tentu sesuai arahan Kemendagri bahwa kita berharap sampai pilgub nanti Pj Gubernur bisa melaksanakan tugas sesuai UU," harapnya.

Perlu diketahui, Asep N Mulyana merupakan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya, dia adalah mantan Kajati Jabar.

Sedangkan, Prof Keri Lestari adalah Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad. Kemudian, Bey Triadi Machmudin merupakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)