Kisah Raden Wijaya Memilih Lokasi Ibu Kota Kerajaan Majapahit

Senin, 31 Juli 2023 - 06:11 WIB
loading...
Kisah Raden Wijaya Memilih Lokasi Ibu Kota Kerajaan Majapahit
Raden Wijaya menikahi Gayatri, putri Raja Singasari Kertanegara jadi sejarah awal berdirinya Kerajaan Majapahit. Keduanya menentukan lokasi ibu kota kerajaan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
RADEN Wijaya menikahi Gayatri, putri Raja Singasari Kertanegara menjadi sejarah awal berdirinya Kerajaan Majapahit. Keduanya membuat ide-ide baru pendirian kerajaan di Pulau Jawa bagian timur muncul.

Kisah Raden Wijaya Memilih Lokasi Ibu Kota Kerajaan Majapahit

Raden Wijaya memerintah Kerajaan Majapahit pada 1293-1309 M dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana. Foto/Ilustrasi/Ist

Raden Wijaya memang sering terlibat pembicaraan dengan istrinya yang cantik itu. Salah satu topiknya di mana letak ibu kota kerajaan yang baru ini setelah Kerajaan Singasari runtuh. Konon ibu kota tersebut dibangun di Hutan Tarik yang berada di muara Sungai Brantas.


Keduanya pun mempelajari secara detail bagaimana pertumbuhan pelabuhan-pelabuhan ini didukung oleh peranan jelas baru pedagang Majapahit. Para pedagang itu aktif dalam perdagangan yang semakin berkembang, baik dalam wilayah mereka sendiri maupun di distrik-distrik dan pulau-pulau lainnya.

Raden Wijaya dan Gayatri tidak sekadar berdiam diri di pelabuhan dan menanti kedatangan pedagang-pedagang asing. Namun mereka juga bahkan mengangkut barang-barang ekspor mereka sendiri, seperti beras dan hasil bumi lainnya, untuk dipertukarkan dengan produk-produk asing seperti keramik China, tekstil, dan rempah-rempah.

Terkadang, hal ini menuntut agar mereka tinggal di kota pelabuhan lain selama beberapa lama.

Sebagaimana dikutip dari "Gayatri Rajapatni: Perempuan Dibalik Kejayaan Majapahit', diseburkan bahwa Raden Wijaya dan Gayatri akhirnya sepakat bahwa letak ibu kota baru di Majapahit di antara dua seteru lama, Kediri dan Singasari.



Di tempat itu, raja bisa memusatkan perhatiannya pada upaya penyatuan negeri. Awalnya, kota ini didirikan di hutan karena alasan-alasan taktis jangka pendek pascakejatuhan Singasari, agar jauh dari musuh mereka di Kediri.

Tapi ibu kota kerajaan baru ini tetap dekat dengan sekutu Madura, sehingga diam-diam pasukan pendukung bisa dikirim dari sini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)