Kisah Raden Wijaya Memilih Lokasi Ibu Kota Kerajaan Majapahit

Senin, 31 Juli 2023 - 06:11 WIB
loading...
A A A
Setelah sejumlah rencana ke depan disusun. Mereka melihat adanya keuntungan baru jangka panjang pada tempat itu, yakni bahwa Majapahit menguasai sungai terbesar di wilayah tersebut, yakni Sungai Brantas.

Di era sebelumnya, ada pra-anggapan bahwa kerajaan-kerajaan Jawa harus bersandar pada kerja para petani di ladang, atau pada para nelayan dan pedagang di laut.

Akan tetapi, sulit menggolongkan Majapahit ke dalam salah satu kategori tersebut, karena ia menggabungkan keunggulan keduanya.

Selain untuk mempersatukan dua seteru politik, Kerajaan Majapahit diuntungkan pula oleh posisinya yang terletak di wilayah lumbung padi dan cukup dekat dengan beberapa pelabuhan, singkatnya dua macam ekonomi sudah tercukupi oleh posisi geografis Majapahit.

Demi kebaikan bersama, Gayatri merasa bahwa mereka kini harus bekerja keras menyatukan pedesaan dan kota-kota pelabuhan, sebagaimana dulu ayahnya berusaha menyatukan dua agama. Selanjutnya, pembicaraan mereka sampai pada tahapan baru.

Mereka membahas bermacam-macam orang asing yang datang ke pelabuhan, lengkap dengan gagasan dan kebiasaan yang mereka bawa.

Keduanya sepakat bahwa semua orang asing yang bukan penjahat harus disambut, karena akan meningkatkan perekonomian dan pengetahuan tentang dunia di luar Majapahit.

Salah satu hal yang masih sedikit diperdebatkan adalah tamu macam apa yang harus diberi prioritas tertinggi.

Raden Wijaya menganggap tamu pedagang dan tenaga ahli harus diutamakan, karena akan mendatangkan kemakmuran baru bagi Majapahit.

Hal ini disambut dengan semangat oleh sang istri Gayatri, tetapi Gayatri punya pendapat berbeda mengenai tamu yang diprioritaskan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)