Kisah Denmas Mendung yang Obati Soekarno Kecil dengan Metode Ganti Nama

Sabtu, 15 Juli 2023 - 09:33 WIB
loading...
Kisah Denmas Mendung yang Obati Soekarno Kecil dengan Metode Ganti Nama
Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Foto/Istimewa
A A A
Awal mula keterkaitan Dusun Krapak, Desa Pojok Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri dengan Presiden Soekarno tak bisa lepas dari riwayat penyakit Sang Proklamator RI tersebut. Juga, dengan sosok yang dikenal sebagai Denmas Mendung.

Bung Karno kecil sakit-sakitan sejak diboyong keluarganya ke Ploso, Jombang. Dalam kondisi kritis, beruntung ada Denmas Mendung yang mengobatinya hingga sembuh.

Sejak itu, Koesno diboyong ke Ndalem Pojok, Wates, Kediri dan diganti namanya menjadi Soekarno.Raden Soekeni dan istrinya Ida Ayu begitu sedih mengetahui putranya, Koesno, yang saat itu berusia enam bulan sakit-sakitan.

Itu terjadi sejak kepindahan tugas mereka sebagai guru dari Surabaya ke Ploso Jombang, tepatnya di pegunungan Kabuh. Puncaknya, Koesno kritis. Soekeni dan Ida Ayu bukan main paniknya.



Beruntung, Soekeni ingat ada orang pintar bernama Denmas Mendung yang suka mengobati orang sakit.

Tanpa pikir panjang, Soekeni diantar tetangganya naik dokar mendatangi orang pintar di Kedungpring, Kabuh, berjarak sekitar empat kilometer dari kediaman mereka.

Tapi, Denmas Mendung bersedia mengobati Koesno dengan syarat jika sembuh yang bersangkutan akan dijadikan anak angkat. Namanya juga akan diganti karena nama Koesno terlalu berat bagi sang bayi.

Soekeni saat itu menunggu di luar. Yang membawa masuk Koesno ke orang pintar adalah tetangganya. Setelah diberi tahu permintaan orang pintar tadi, Soekeni menyetujui karena tidak ada pilihan. Yang ada dalam pikirannya bagaimana anaknya cepat sembuh.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6907 seconds (0.1#10.140)