Kisah Bung Karno sedang Mencari Tuhan, Kalbunya Bergetar!

Selasa, 11 Januari 2022 - 13:40 WIB
loading...
Kisah Bung Karno sedang Mencari Tuhan, Kalbunya Bergetar!
Kisah Bung Karno mencari Tuhan dengan jalan berliku hingga suatu saat kalbunya bergetar. Foto/Ist
A A A
BLITAR - Bung Karno merasa tidak puas. Pikirannya belum bisa menerima gambaran konsep Tuhan seperti yang dipaparkan Haji Agus Salim. Agus Salim merupakan salah satu tokoh Partai Masyumi yang dalam sejarah pergolakan politik Indonesia mendapat julukan The Grand Old Man.

Bagi Bung Karno, Tuhan tidak seperti itu. “Apa yang Tuan gambarkan tidak cocok dengan apa yang saya anggap semula,” kata Bung Karno kepada Agus Salim sembari pamit pulang.



Saat itu Soekarno masih muda dengan pikiran yang selalu kritis dan tajam. Pertemuan kedua tokoh bangsa itu berlangsung di Bandung, Jawa Barat. Agus Salim sengaja datang untuk menemui Bung Karno.

Dalam buku “Soekarno Poenja Tjerita, Yang Unik dan Tak Terungkap Dari Sejarah Soekarno”, disebutkan Agus Salim tidak banyak bereaksi. Ucapan Bung Karno hanya disenyumi Agus Salim seraya membatin. “Sungguh keras kepala anak muda ini. Mudah-mudahan Allah SWT menyadarkan pikirannya”.

Lain waktu Bung Karno bertemu dengan Pastor Van Lith. Ia kembali berdebat tentang konsep ketuhanan. Soekarno juga menolak konsep Tuhan seperti gambaran Van Lith.

Sebab, Van Lith hanya mengakui Tuhan sebagai penguasa kebaikan, tapi tidak dengan keburukan. Bung Karno menolak konsep itu.


Pastor Van Lith marah besar. “Kau ini orang berdosa berani menjelekkan Tuhan!, “tegas Van Lith. Bung Karno tertawa, ngeloyor pergi dan berkata, “Percayalah bahwa Tuhan akan memaafkan saya”.

Pengembaraan Bung Karno dalam pencarian Tuhan berlangsung panjang. Ia serap pengalaman kehidupan berbagai macam orang dan gambarannya tentang Tuhan. Gambaran Tuhan orang alim maupun orang awam.

Bung Karno merasa takjub dengan Alquran dan Hadist, tapi masih mencari Tuhan. Begitu juga konsep Tuhan dalam Hindu, Budha dan Kristen tidak memuaskannya. Ia merasa tidak menemukan Tuhan di sana. Termasuk konsep yang digambarkan Haji Agus Salim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)