Raditya Putra Pratama Pastikan Pemerintah Dukung Penuh Ekraf

Jum'at, 14 Juli 2023 - 23:46 WIB
loading...
Raditya Putra Pratama Pastikan Pemerintah Dukung Penuh Ekraf
Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Raditya Putra Pratama. Foto/MPI/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap perkembangn ekonomi kreatif (Ekraf). Adanya dukungan pemerintah untuk ekraf ini, ditegaskan Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Raditya Putra Pratama.



Raditya mengungkapkan, salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap perkembangan ekraf, adalah dengan memberikan pendampingan usaha, pemasaran, hingga permodalan untuk para pelaku ekraf.



Menurutnya, ekraf merupakan salah satu sektor ekonomi yang mampu bertahan dan bahkan berkembang saat pandemi Covid-19. Misalnya, bermunculan para konten kreatior, sektor pertelevisian dan radio juga bertumbuh.



"Sektor makanan dan minuman juga berkembang. Banyak yang memesan makanan dan minuman via aplikasi saat PPKM dan PSBB," katanya dalam acara talkshow Oligarki (Obrolan Idealis dan Gagasan Rasional Untuk Negeri) di Ambassador School, Rungkut Raya Megah, Jalan Raya Kalirungkut, Kota Surabaya, Jumat (14/7/2023) malam.

Ekraf menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB). Ekraf diperkirakan menyumbang PDB sebesar 7,8%. Jumlah tersebut ditopang dengan tiga subsektor utama. Antara lain, kuliner, fesyen, dan kriya.



Jumlah tersebut juga menempatkan Indonesia di peringkat tiga besar dunia dalam kontribusi terhadap PDB nasional di bawah Amerika Serikat, dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-Pop. "Kita harus memberi dukungan pada pelaku ekraf agar bisa terus berkembang," terangnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)