Kisah Puncak Kejayaan Majapahit, Istana Kerajaan Bertabur Emas dan Permata

Jum'at, 07 Juli 2023 - 06:26 WIB
loading...
Kisah Puncak Kejayaan...
Majapahit saat puncak kejayaan berada di bawah kendali Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada memiliki wilayah luas dan istana bertaburan emas dan permata. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
MAJAPAHIT saat puncak kejayaan berada di bawah kendali Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada memiliki wilayah yang luas di Nusantara serta istana yang dipenuhi emas dan permata. Sumber daya alam (SDA) yang dimiliki juga melimpah.

Dengan armada perang yang besar dan disegani, Majapahit saat itu menjadi kerajaan yang sangat disegani.



Raja Hayam Wuruk selalu berusaha meningkatkan produksi pertanian dengan memperbaiki atau memelihara tanggul sepanjang sungai untuk mencegah banjir. Di samping itu, Hayam Wuruk pula memperbaiki jalan-jalan, jembatan, dan infrastruktur lain untuk memperlancar lalu lintas perdagangan.

Komoditas perdagangan Majapahit pada waktu itu adalah beras dan rempah-rempah, sebagaimana terdapat pada "Hitam Putih Mahapatih Gajah Mada" dari tulisan Sri Wintala Achmad.

Sementara daerah-daerah pelabuhan seperti Canggu, Surabaya, Gresik, Sedayu, dan Tuban menjadi pusat perdagangan.

Berdasarkan catatan Wang-ta- yuan, pedagang Tiongkok, komoditas ekspor Jawa (Majapahit) pada saat itu ialah lada, garam, kain, dan burung kakak tua.


Adapun komoditas impornya berupa mutiara, emas, perak, sutra, barang keramik, dan barang dari besi. Mata uang Majapahit dibuat dari campuran perak, timah putih, timah hitam, dan tembaga.



Sedangkan dari catatan Odorico da Pordenone (seorang biarawan Katolik Roma dari Italia) yang pernah mengunjungi Jawa pada 1321 menyebutkan bahwa istana raja Majapahit penuh dengan perhiasan emas, perak, dan permata.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)