Kisah Kapten KM Farida Indah dan 5 ABK Bertahan Hidup di Rakit Jeriken Selama 12 Hari hanya Minum Air Hujan

Minggu, 02 Juli 2023 - 19:42 WIB
loading...
Kisah Kapten KM Farida Indah dan 5 ABK Bertahan Hidup di Rakit Jeriken Selama 12 Hari hanya Minum Air Hujan
Tim SAR mengevakuasi 6 orang korban tenggelamnya KM Farida Indah yang bertahan 12 hari di laut di atas rakit jeriken. Foto/iNews TV/Rahman
A A A
KAIMANA - Enam orang korban tenggelamnya KM Farida Indah akhirnya telah dievakuasi oleh tim penyelamat kabupaten Kaimana, Papua Barat. Kapten kapal, Babak menceritakan peristiwa mengerikan yang menimpa dirinya dan anak buah kapal (ABK) tersebut.

Pria berusia 50 tahun tersebut mengaku saat kejadian, kapal sedang bertolak dari Timika menuju Asmat pada Senin, 19 Juni 2023 lalu. Namun di tengah perjalanan, mesin kapal tersebut tiba-tiba mati dan pompa air tidak berfungsi.



Akibatnya kapal tersebut kemasukan air, dan ditambah lagi gelombang yang cukup besar sehingga mengakibatkan perlahan-lahan kapal tenggelam.

Menghadapi situasi kapal yang mulai kemasukan air, dirinya bersama yang lain mengambil 4 papan solar cell untuk membuat rakit seadanya. Di bawah papan solar cell tersebut telah dikaitkan dengan jerigen agar dapat mengapung.

Rakit sederhana yang berhasil dibuat inilah yang kemudian digunakan Babak dan 5 anak buahnya untuk bertahan mengikuti air dan terombang-ambing selama 12 hari lamanya.

Babak juga mengaku bahwa selama 12 hari di atas rakit yang mengapung, mereka tidak mengonsumsi makanan apa pun selain meminum air laut dan air hujan.



Hingga akhirnya mereka berhasil ditemukan tim penyelamat dan diselamatkan. Kini mereka tengah menjalani perawatan oleh tim medis RSUD Kaimana.

Diketahui bahwa, tim penyelamat dari Basarnas Kaimana berhasil membawa 6 orang korban kecelakaan laut KM Farida Indah dengan menggunakan ruber boat yang bergerak pada pukul 04.00 WIT pada Minggu (2/6/2023).

Selanjutnya pukul 12.00 WIT mereka tiba di Pelabuhan Kaimana, ada tim penyelamat gabungan yakni tim medis, SAR, Polairud, dan BPBD. Terlihat 6 orang korban KM Farida Indah tersebut masih dalam kondisi lemas sehingga tim medis langsung membawa pada korban menuju RSUD Kaimana.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6716 seconds (0.1#10.140)