Wabup Bone Bolango Instruksikan Satkamling Utamakan Sikap Humanis Dalam Bertugas

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:25 WIB
loading...
Wabup Bone Bolango Instruksikan Satkamling Utamakan Sikap Humanis Dalam Bertugas
Instruksi oleh Wabup Merlan pada apel Satkamling tingkat Kabupaten Bone Bolango 2023 yang diprakarsai bersama Polres Bone Bolango (Foto: Dok Pemkab Bone bolango)
A A A
BONEBOL - Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli menginstruksikan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) untuk mengutamakan sikap humanis dalam bertugas. Instruksi tersebut disampaikan oleh Merlan pada apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2023 yang diprakarsai oleh Polres Bone Bolango bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Rabu (21/6/2023).

Merlan pun mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk penguatan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat khususnya TRC Satlinmas yang telah dikukuhkan oleh Bupati Bone Bolango dalam menciptakan kententraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

"Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, kegiatan politik merupakan bagian dari dinamika demokrasi yang akan mewarnai berbagai kegiatan masyarakat termasuk pelaksanaan tahapan Pemilu, maka perlu peningkatan kewaspadaan yang dapat berimplikasi terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat," ucap Merlan.

Merlan menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat perlu melibatkan dan meningkatkan potensi pengamanan swakarsa yang berasal dari pranata sosial melalui kemitraan polisi dan masyarakat sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan serta menemukan pemecahan masalah melalui kegiatan Satkamling.

"Saya amanatkan kepada semua stakeholder pelaksana kepentingan agar berperan aktif melaksanakan dan membangun kerjasama, koordinasi, dan komunikasi lintas sektor dalam melaksanakan tugas dan fungsinya" tuturnya.

Merlan pun berpesan agar mereka tetap mengedepankan sikap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia serta citra dan wibawa penyelenggara pemerintah daerah dalam menyambut pesta demokrasi di Bone Bolango.

Ia pun berharap keberadaan polisi sebagai mitra pemerintah daerah dapat memberikan perlindungan dan nyaman kepada masyarakat sehigga lebih professional dalam menjalankan tugas.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)