Di Tengah COVID, 23 Mahasiswa di Bali Dulang Omset Rp200 Juta

Sabtu, 25 Juli 2020 - 02:52 WIB
loading...
Di Tengah COVID, 23 Mahasiswa di Bali Dulang Omset Rp200 Juta
Pandemi COVID-19 mampu dimanfaatkan oleh 23 mahasiswa di Bali untuk mendulang keuntungan lewat bisnis E-commerce. Kesuksesan mereka dituangkan dalam sebuah buku. FOTO : IST
A A A
DENPASAR - Situasi susah akibat dampak pandemi COVID-19 mampu dimanfaatkan oleh 23 mahasiswa di Bali untuk mendulang keuntungan lewat bisnis E-commerce. Total omset yang dihasilkan pun cukup fantastis, mencapai Rp200 juta.

Kesuksesan mahasiswa STMIK Primakara Denpasar itu kemudian dituangkan dalam sebuah buku berjudul "Milenial Wajib Kaya" yang diluncurkan, Sabtu (25/7/2020).

"Melalui buku ini, kami ingin berbagi pengalaman bagaimana milenial bisa membuka usaha rintisan (startup) melalui usaha e-commerce di tengah situasi krisis akibat COVID-19," kata si penulis buku, Sephy Lavianto.

Sephy yang bekerja sebagai dosen di STMIK Primakara itu menuturkan, kisah sukses itu berawal dari mata kuliah E-commerce yang dia berikan kepada mahasiswanya. (Baca juga : Keliling Bali Pakai Google Map, 2 Turis Amerika Tersesat di Hutan )

Di mata kuliah itu, Sephy menantang mahasiswanya membentuk semacam perusahaan yang menjual suatu produk secara online melalui platform media sosial baik website, facebook, instagram dan marketplace.

Tantangan itu kemudian diterima mahasiswa dengan membentuk empat kelompok. Setiap kelompok diwajibkan bekerja layaknya perusahaan lengkap dengan jabatan general manajer, manajer keuangan, manajer pemasaran dan lainnya.

Untuk modal awal, setiap kelompok mengumpulkan dana dengan cara patungan masing-masing sebesar Rp1 juta. Adapun produk yang dijual sebagian besar adalah fashion, alat kecantikan dan makanan. Dalam situasi pandemi COVID-19, mereka lantas menambahkan produk yang sedang dibutuhkan masyarakat, seperti masker dan hand sanitizer.

Dalam sebulan, empat kelompok perusahaan itu sudah balik modal. Di bulan selanjutnya, mereka kemudian memutarkan profit yang telah diperoleh untuk keuntungan yang lebih besar.

Terhitung dari Februari sampai Mei, perusahaan Segara Brand memperoleh omset sebesar Rp91.525.000, kemudian perusahaan Madeera Store mencatat omset Rp50.169.600, lalu perusahaan The Ace dengan omset Rp28.943.000 dan terakhir perusahaan Elites Store dengan omset Rp27.251.000.

Ni Komang Ari Yuliana, manager keuangan Madeera Store mengatakan, perusahaannya selalu melihat peluang yang dibutuhkan masyarakat sebelum menentukan produk yang akan dijual. "Kemudian memasarkan di online juga harus kreatif," ujarnya.(Baca juga : Hari Pertama New Normal di Bali, Pantai Diserbu Pengunjung )

Ketua STMIK Primakara Made Artana mengapresiasi apa yang telah dicapai mahasiswanya. "Di saat banyak usaha formal dan non formal gulung tikar karena dampak pandemi COVID-19, ternyata banyak jalan untuk meraup kesuksesan," katanya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)