Bupati Jeje Wiradinata Targetkan CPNS Mendatang Didominasi Warga Pangandaran

Jum'at, 24 Juli 2020 - 19:22 WIB
loading...
Bupati Jeje Wiradinata Targetkan CPNS Mendatang Didominasi Warga Pangandaran
Bupati Jeje Wiradinata melakukan terobosan agar putra daerah asli Pangandaran berpeluang menjadi peserta CPNS hingga lulus menjadi PNS.
A A A
PANGANDARAN - Rekrutmen CPNS yang terjadi di Kabupaten Pangandaran sebelumnya didominasi oleh pendaftar dari luar daerah. Kesempatan putra daerah untuk berkompetisi lulus CPNS pun masih dinilai rendah.Fenomena tersebut menjadi pertimbangan Bupati Jeje Wiradinata untuk melakukan terobosan agar putra daerah asli Pangandaran berpeluang menjadi peserta CPNS hingga lulus menjadi PNS.

"Beberapa kali Pangandaran mendapat kuota CPNS, yang lulus menjadi peserta hingga lulus jadi CPNS warga luar Pangandaran," kata Jeje.

Jeje menambahkan, tujuan pemekaran Kabupaten Pangandaran salah satunya dapat dinikmati oleh warga Pangandaran dengan meningkatkan kesejahtraan. "Variabel kesejahteraan diantaranya masyarakat harus berpenghasilan tetap atau menjadi pegawai baik PNS atau swasta," tambah Jeje.

Jeje menjelaskan, selama 4 tahun menjabat Bupati banyak menerbitkan kebijakan dan fokus terhadap pembangunan. Dasar atau pondasi menuju kesejahtraan sudah saya lakukan, dari mulai sarana pra sarana dan infrastruktur. Agar pola kebijakan yang sudah dilakukan ber kesinambungan dengan arah kebijakan yang akan dilakukan, maka harus ada titik sambung.

"Titik sambung kebijakan yang harus menjadi perhatian kedepan adalah membangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas," paparnya.

Alasan tersebut menjadi motifasi Jeje rekrutmen CPNS mendatang 80% diikuti warga Kabupaten Pangandaran. "Untuk teknis agar dominasi warga Pangandaran dalam kompetisi CPNS, Pemerintah Daerah bakal menggelar bimbingan atau pelatihan tes CPNS gratis bagi warga Pangandaran," terang Jeje.

Gagasan tersebut diharapkan Jeje bisa menjadi pemutus mata rantai Sarjana pengangguran di Pangandaran. Karena secara teori pranata sosial, apabila orang tuanya sebagai petani, nelayan atau penderes, mereka bercita-cita anaknya menjadi pegawai. Untuk mewujudkan pranata sosial yang baik, salah satu diantaranya memberikan peluang agar masyarakat menikmati sekolah gratis, kesehatan gratis dan mudah menjadi pegawai.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3230 seconds (0.1#10.140)