Bandara Juanda Siap Layani Pemberangkatan 36.938 Calon Jemaah Haji

Selasa, 23 Mei 2023 - 17:51 WIB
loading...
A A A
Adapun kloter pertama rencananya akan diberangkatkan pada Rabu (24/5/2023) pukul 09.15 WIB. Jelang pemberangkatan kloter pertama tersebut, Bandara Internasional Juanda memastikan kesiapan fasilitas bandara. Terutama infrastruktur landas pacu atau runway untuk melayani penerbangan langsung atau direct flight Angkutan Haji tahun 2023.

Sisyani menambahkan, pekerjaan perkerasan landasan juga telah ditinjau oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada April lalu serta telah diverifikasi oleh Direktorat Bandara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Dari sisi skema pelayanan yang diberikan, pemeriksaan keamanan calon jemaah haji dan barang bawaannya dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo," terangnya.

Pihaknya menugaskan 18 personil avsec atau SDM keamanan berlisensi dan menempatkan peralatan pemeriksaan keamanan di antaranya adalah 4 unit X-ray. Rinciannya 2 unit X-ray bagasi dan 2 unit X-ray cabin serta 2 (dua) unit walk through metal detector (WTMD).

"Pemeriksaan keamanan calon jemaah di Asrama Haji penting dilakukan untuk mencegah adanya prohibited item yang terbawa calon jemaah ke dalam pesawat udara," ujarnya.

Dari sisi pelayanan di bandara, Sisyani menyatakan telah mengatur penempatan parkir pesawat dan pengaturan alur calon jemaah haji menuju pesawat.

Untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan, proses pemeriksaan keamanan, kesehatan, dan keimigrasian akan dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo.

"Calon jemaah yang telah selesai menjalani rangkaian pemeriksaan kemudian dipersilakan untuk memasuki kendaraan bus yang akan mengantar menuju ke Terminal 1 Bandara Internasional Juanda," jelasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)