Festival Budaya Isen Mulang, Momentum Bangkitkan Pariwisata Kalteng

Selasa, 23 Mei 2023 - 09:45 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Nuryakin dalam laporannya menyampaikan secara umum tujuan diadakannya Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023 ini adalah dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke-66 Prov. Kalteng.

Berbagai jenis perlombaan yang akan dilaksanakan antara lain Lomba Perahu hias, Tari Pesisir, Tari Pedalaman, Fotografi, Videografi, Lagu Daerah, Jukung Tradisional, Panginan Sukup Simpan, Malamang, Habayang, Sepak Sawut, Balogo, Lawang Sakepeng, Manyipet, Maneweng, Manetek, Manyila Kayu, Besei Kambe, Mangaruhi, Mangenta, Karungut, dan lomba-lomba lain.

Adapun Peserta yang ikut berpartisipasi dalam Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023, terdiri dari Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, InstansiVertikal, Perguruan Tinggi, Polri, Perbankan, BUMN, BUMD, dan Organisasi kemasyarakatan se-Kalteng.

Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023 ini, juga dirangkai dengan kegiatan FKN. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan aneka kuliner Nusantara dan kuliner khas Kalteng serta meningkatkan kreativitas masyarakat untuk berkreasi dalam pengembangan masakan lokal. Dalam kegiatan ini akan diramaikan dengan adanya beberapa stand UMKM yang menjajakan aneka kuliner nusantara.

Kegiatan FKN juga akan diisi dengan beberapa lomba, yang pesertanya terbuka untuk masyarakat umum, yaitu lomba cipta menu, lomba masak antar keluarga, lomba masak berbahan ikan patin, dan lomba meracik kopi.

Adapun Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari, mulai sejak tanggal 22 sampai dengan 27 Mei 2023, dengan menggunakan beberapa lokasi, yaitu GOR Serba Guna, Halaman Stadion Tuah Pahoe, Aula Jayang Tingang, Dermaga Flamboyan, dan Areal Bawah Jembatan Kahayan.

Pembukaan FBIM dan FKN dihadiri oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran yang juga merupakan Ketua DAD Prov. Kalteng, Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyanto, Forkopimda Prov. Kalteng serta Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Prov. Kalteng. Hadir juga Bupati/Walikota se-Kalteng serta Sesepuh, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Budaya, Tokoh Masyarakat, Cendekiawan, Seniman, Dewan Juri dan Peserta Kegiatan.
(bga)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)