Festival Budaya Isen Mulang, Momentum Bangkitkan Pariwisata Kalteng

Selasa, 23 Mei 2023 - 09:45 WIB
loading...
Festival Budaya Isen Mulang, Momentum Bangkitkan Pariwisata Kalteng
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran membuka secara resmi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Tahun 2023. (Foto: dok Pemprov Kalteng)
A A A
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran didampingi Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo didampingi istri Nunu Adriani Edy Pratowo membuka secara resmi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di GOR Serbaguna Jl. Tjilik Riwut Km. 5 Palangka Raya, Senin (22/5/2023).

Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni The Beauty of Diversity yang berarti Keindahan dalam Keberagaman, memiliki makna cukup mendasar dan relevan dengan kondisi dan situasi saat ini.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng mengutarakan FBIM merupakan ajang kreatifitas yang menghadirkan ragam inovasi dan kreasi bagi para pelaku seni dan budaya dalam mengekspresikan karya-karya seni daerah yang menggabungkan unsur tradisional, kearifan lokal, dan seni modern.

Selain itu, dalam rangka menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi, dan keunikan budaya yang ada di Kalimantan Tengah.

“Disamping itu juga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat untuk mempromosikan pesona pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah kepada masyarakat luas,” tutur Wagub.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang puncak pelaksanaannya akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

“Semangat kebersamaan yang dihasilkan dari Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Kuliner Nusantara ini diharapkan dapat menggambarkan manifestasi semangat dari para leluhur kepada para generasi penerus. Kita jadikan Festival Budaya Isen Mulang sebagai momentum bangkitnya perekonomian sektor wisata di Kalimantan Tengah untuk pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Edy mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah daerah, pihak swasta, perguruan tinggi dan seluruh stakeholders terkait untuk menjaga sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di Kalteng.

“Terkhusus kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan selama ini, termasuk dipilihnya Festival Isen Mulang dan Festival Babukung menjadi salah satu event yang berhasil masuk dalam Kharisma Event Nusantara Tahun 2023”, tuturnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan efek positif dan manfaat yang besar bagi pembangunan kebudayaan dan pengembangan pariwisata di Kalteng demi mewujudkan Kalteng makin berkah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6259 seconds (0.1#10.140)