Sejumlah Negara Eropa Mulai Longgarkan Lockdown Secara Bertahap

Rabu, 29 April 2020 - 10:01 WIB
loading...
Sejumlah Negara Eropa Mulai Longgarkan Lockdown Secara Bertahap
Sejumlah negara Eropa mulai longgarkan lockdown secara bertahap. Foto: Anadolu Agency
A A A
MADRID - Beberapa negara Eropa secara bertahap untuk melonggarkan lockdown di negara mereka karena tingkat infeksi virus Corona melambat dan tingkat kematian menurun.

Seperti negara Spanyol berharap untuk kembali ke normal pada akhir Juni. Ini disampaikan para pejabat di Madrid, mengumumkan rencana empat fase pada hari Selasa untuk mengangkat salah satu dari serangkaian pembatasan terberat karena jumlah kematian harian turun menjadi 301, kurang dari sepertiga dari rekor tertinggi 950 pada awal April. Hitungan resmi kematian sejak awal wabah naik menjadi 23.822 orang kemarin.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan, pelonggaran peraturan akan dimulai pada 4 Mei. Sementara detail pasti akan bervariasi dari satu provinsi ke provinsi lain, penata bisnis lain yang beroperasi melalui perjanjian akan dibuka pada tahap awal, sementara restoran akan dapat menawarkan layanan takeaway.

Selanjutnya, pesepakbola profesional Spanyol dan atlet papan atas lainnya juga akan dapat melanjutkan pelatihan.

Pada tahap berikutnya, diperkirakan akan dimulai pada 11 Mei untuk sebagian besar Spanyol, bar akan membuka kembali teras mereka tetapi akan terbatas pada sepertiga dari kapasitas mereka.

Dari titik ini, orang sehat tanpa kondisi medis yang mendasari akan diizinkan untuk bersosialisasi bersama dalam kelompok kecil, sementara anggota keluarga akan diizinkan untuk menghadiri pemakaman.

Ia melanjutkan, melalui tahapan tersebut akan tergantung pada faktor-faktor seperti bagaimana tingkat infeksi berkembang, jumlah tempat perawatan intensif yang tersedia dan kepatuhan dengan aturan jarak-sosial. Termasuk kata dia, tak memberikan ambang batas konkret untuk bagaimana langkah-langkah ini akan dievaluasi.

"Kami mulai melihat hasil yang akan menjadi hadiah untuk upaya kolektif besar yang dilakukan selama beberapa pekan terakhir," kata Sanchez dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (29/04/2020).

Sementara di Prancis, rezim baru pengujian coronavirus akan diluncurkan pada 11 Mei sehingga perlahan-lahan dapat melepaskan diri dari lockdown dan menghindari krisis ekonomi.

Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengatakan pada hari Selasa, memperingatkan bahwa warga harus didisiplinkan untuk mencegah wabah baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0236 seconds (0.1#10.140)