Ratusan Tukang Sampah Blokir Pendopo, Gus Muhdlor Siap Revisi Perbup

Selasa, 16 Mei 2023 - 13:36 WIB
loading...
Ratusan Tukang Sampah Blokir Pendopo, Gus Muhdlor Siap Revisi Perbup
Ratusan tukang sampah di Sidoarjo menggelar demo menolak Perbup yang dinilai memberatkan warga dan penarik sampah.Foto/Pramono Hari
A A A
SIDOARJO - Ratusan tukang sampah se-Sidoarjo menggelar demo memblokir pintu masuk pendopo Kabupaten Sidoarjo, Selasa (16/5/2023). Aksi ini untuk menolak Peraturan Bupati (Perbup) tentang kenaikan biaya pengelolaan sampah. Mereka merasa dirugikan dengan Perbup ini.

Dalam aksinya, para tukang sampah yang tergabung dalam Paguyuban Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) ini memarkir truknya di depan pintu masuk pendopo. Ratusan gerobak sampah juga mereka bawa dalam aksi ini.

Ratusan Tukang Sampah Blokir Pendopo, Gus Muhdlor Siap Revisi Perbup

Bupati Sidoarjo Muhdlor Ali menemui para tukang sampah yang demo.

Mereka menuntut penarikan kembali Perbup No 116/2022 tentang Pedoman Perhitungan Pengelolaan Persampahan yang ditetapkan 9 Desember 2022 lalu.

Baca juga: Penumpang Jadi Tersangka Kecelakaan Mobil yang Tewaskan Pengemudi di Malang

"Perbup yang baru dikeluarkan Bupati Sidoarjo ini memberatkan. Kenaikan biaya pengelolaan sampah dari Rp25 ribu hingga Rp35 ribu per rumah menjadi Rp77 ribu per rumah," kata Ketua Paguyuban TPST Sidoarjo, Hadi Purnomo.

Pihaknya mendesak Bupati Muhdlor Ali mencabut kembali Perbup yang memberatkan warga dan petugas pengelola sampah tersebut.

Bupati Muhdlor Ali langsung menemui para tukang sampah yang menyuarakan aspirasinya. "Mari kita bicarakan. Ssilahkan kirim perwakilan ke dalam untuk kita diskusikan," ujar Muhdlor merespons aksi para tukang sampah.

Dalam pertemuan dengan perwakilan tukang sampah, Gus Muhdlor menyampaikan akan merevisi Perbup yang dipersoalkan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)