Benteng Alam Bali, Pelabuhan Benoa Tidak Boleh Jadi Terminal LNG

Kamis, 04 Mei 2023 - 12:07 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, pembangunan Bali harus terintegrasi. Pariwisata membutuhkan listrik, tapi sebagian pihak menginginkan power plan di luar Bali. Hal itu dinilai tidak fair. Idealnya Tersus LNG di perairan Sidakarya dan terintegrasi dengan penataan kawasan Pantai Serangan, Intaran, Sidakarya, dan Sesetan.

"Jika tidak terintegrasi, maka sama artinya membiarkan empat desa adat tetap kumuh, sementara BTID dengan program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang didanai uang negara di sebelahnya akan nampak mewah," kata dosen Ilmu Kelautan Universitas Warmadewa Denpasar, Bali ini.

Menurut Ketutm kawasan KEK kurang memberi andil secara langsung kepada masyarakat Bali. Namun semua ekses dari keberadaan KEK seperti sampah menjadi tanggungan daerah.

Karena itu, dengan pengkajian yang sudah ada di Perairan Intaran, serta penataan kawasan akan memberi nilai positif bahwa PLN membangun bersama masyarakat Bali. "Every body happy, PLN memakai LNG lebih murah, penataan kawasan terjadi itu juga menguntungkan BTID terlebih masyarakat sekitar," ujarnya.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7080 seconds (0.1#10.140)