Kesaksian Warga soal Bentrok Ormas di Medan

Sabtu, 30 Januari 2016 - 23:34 WIB
Kesaksian Warga soal Bentrok Ormas di Medan
Kesaksian Warga soal Bentrok Ormas di Medan
A A A
MEDAN - Bentrok dua ormas kepemudaan terjadi di kawasan Jalan Thamrin, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (30/1/2016). Selain menimbulkan korban tewas, bentrokan itu juga mengakibatkan sejumlah orang terluka.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, Riza (39), bentrokan ini terjadi secara tiba-tiba. Awalnya dia melihat ada puluhan orang berkonvoi mengendarai kendaraan bermotor dengan seragam IPK dari Jalan Asia melewati Jalan Thamrin.

Namun, entah bagaimana awalnya dan siapa yang memulai, ketika di Jalan Thamrin, persisnya di simpang Jalan Asia tampak massa dari IPK berkerumun ramai berhadapan dengan massa dari PP.

"Kalau kata orang di sini, awalnya ada terdengar suara ledakan. Entah bagaimana juga Kantor MPW PP Sumut rusak. Setelah itulah tiba-tiba bentrok pecah," katanya.

Keributan semakin memanas, kedua massa terlibat perang batu dan baku hantam di sepanjang jalan tersebut di tengah kondisi lalu lintas di sana sedang padat ketika sore hari.

Tidak hanya itu, massa juga membakar sepeda motor yang ada di sana. "Karena sudah semakin memanas, toko-toko di sini pun langsung tutup. Suasana mendadak mencekam," jelasnya.

Warga lainnya, Yan (33) mengaku sempat melihat massa diduga PP menghentikan mobil Suzuki Escudo warna hijau dengan pelat BK 2 TW. Dari informasi diperoleh warga, mobil tersebut ditumpangi kader IPK.

Massa membalikkan dan menghancurkan mobil tersebut. "Kabarnya ada satu orang penumpang di mobil itu mengalami luka parah dan dari informasi warga di sini, korban itu dilarikan ke RS Permata Bunda. Yang pasti mobil hancur," paparnya.

Panit Reskrim Polsek Medan Kota Ipda Suhaeli Hasibuan mengaku, situasi di lokasi telah berhasil diamankan pihaknya.

Diakui, selain satu unit bangunan posko yang dirusak, dalam kejadian itu dua unit sepeda motor hangus terbakar.

Akibat bentrokan ini, Jalan Asia, Jalan SM Raja, Jalan Juanda dan Jalan Halat ditutup secara paksa selama lebih kurang selama tiga jam dari pukul 15.00 WIB hingga 18.30 WIB.

Penutupan jalan ini jelas menimbulkan kemacetan pada ruas jalan dari dan menuju kawasan itu. Namun, menjelang malam hari, kemacetan mulai terurai karena polisi langsung turun ke jalan untuk mengamankan lalu lintas.

Tidak hanya di kawasan jalan itu, bentrokan juga meluas hingga ke Jalan Sutomo. Massa IPK tampak membakar Pos PP di Jalan Salak dan Jalan Brigjen Katamso. Plang bertuliskan PP hingga ke kawasan Jalan S Parman juga dirobohkan.

Selain merenggut korban jiwa, bentrok antara dua ormas ini mengakibatkan aktivitas perekonomian di Jalan Asia lumpuh. Toko-toko di jalan itu tutup karena takut dihancurkan massa.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5194 seconds (0.1#10.140)