Asal Usul Tradisi Janur Kuning dan Karomah Raja Cirebon

Selasa, 11 April 2023 - 10:59 WIB
loading...
Asal Usul Tradisi Janur Kuning dan Karomah Raja Cirebon
Asal usul janur kuning jadi budaya dan tradisi di setiap hajatan terutama pernikahan di sejumlah wilayah di Pulau Jawa terkait dengan sayembara Raja Cirebon. Foto/Ist
A A A
JANUR kuning hingga kini masih eksis menjadi budaya dan tradisi dalam setiap hajatan terutama pernikahan di sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Di Cirebon, Jawa Barat ada kisah yang mengungkap asal usul janur kuning hingga menjadi budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Asal usul janur kuning bermula saat Raja Cirebon menggelar sayembara untuk meratakan Gunung Hata. Peserta sayembara yang bisa meratakan Gunung Hata akan mendapatkan hadiah menikahi salah satu putri Raja Cirebon.


Kabar sayembara itu tersebar luas, hingga akhirnya banyak pendekar dan jawara dari berbagai daerah tertarik untuk mengikuti. Dengan bekal ilmu kanugaran dan kesaktian, mereka mencoba menaklukkan ujian dari Raja Cirebon.

Raja Cirebon menggelar sayembara meratakan Gunung Hata itu karena ingin membangun masjid sehingga penyebaran atau syiar Islam di wilayah Jawa Barat bisa lebih luas.

Sayembara di Kerajaan Cirebon itu juga terdengar oleh Raden Angga Wacana, penyebar syair Islam di kawasan Sukapura, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat.

Dalam buku Babad Cijulang disebutkan bahwa Raden Angga Wacana memiliki nama saat masih anak-anak yakni Naga Wacana.



Setelah menimba ilmu dan dewasa dengan bekal agama yang mumpungi, Naga Wacana dijuluki sebagai Raden Angga Wacana.

Raden Angga Wacana yang tertarik dengan sayembara itu akhirnya berpamitan ke istrinya untuk menuju Cirebon. Selanjutnya dia pergi dengan hanya berbekal satu nasi bungkus atau nasi timbel untuk menuju lokasi sayembara di Gunung Hata.

Tokoh supranatural asal Cijulang, Tatang beberapa waktu lalu mengisahkan, setelah sampai di lokasi sayembara, Raden Angga Wacana tidak masuk arena.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)