123 Juta Orang Mudik Lebaran 2023: Pemudik Terbanyak dari Jatim, Disusul Jateng

Rabu, 05 April 2023 - 07:56 WIB
loading...
A A A
“Namun setelah melihat hasil survei, dengan cuti lebih awal, tidak terjadi lagi puncak tunggal di tanggal 21. Jadi kami harapkan masyarakat sudah melakukan perjalanan lebih awal, sehingga tanggal 19 malam mungkin sudah ada yang melakukan perjalanan,” lanjut Rudi.

Hal serupa juga diharapkan terjadi pada arus balik. Jika melihat kalender, jelas dia, kemungkinan arus balik akan terbagi menjadi dua gelombang yakni pekan pertama dan ke dua idul fitri.

‘Kami juga berusaha untuk menghindari puncak arus balik nya. Survei itu akan terjadi pada H+2, tanggal 25 April. Namun kami juga masih memprediksi bahwa minggu berikutnya itu masih akan terjadi puncak. Karena kita lihat tanggal 1 (Mei) itu masih libur nasional, yaitu Hari Buruh. Jadi ada dua perkiraan puncak balik yaitu minggu pertama di H+2 dan selanjutnya tanggal 30 April dan 1 Mei masih ada orang yang melakukan arus balik,” beber dia.

Group COO ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono menjelaskan, ASTRA Infra melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik. Salah satunya, di Ruas tol Tangerang-Merak dilakukan penambahan lajur ke-3 ruas Cikande-Serang Timur dari KM 51 hingga KM 72.

“Alih fungsi gerbang tol Gerbang Tol Balaraja Timur Lama yang tidak berfungsi menjadi parking bay di KM 36. Serta penambahan kapasitas parkir di Rest Area KM 43 dan KM 68 arah Merak yang akan digunakan sebagai area rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan di Pelabuhan Merak,” jelas dia.

Sedangkan di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dilakukan pelebaran lajur ke-3 dari KM 72 hingga KM 85, Rest Area KM 86, KM 101, KM 102, dan KM 130 arah Jakarta dan Cirebon. Selain itu, ada juga penambahan kapasitas area parkir di Rest Area KM 130 A dan B, KM 86 A dan B.

“ASTRA Infra Group juga telah menyiapkan lebih dari 1300 satuan tugas (Satgas) Lebaran 2023, yang telah kick off secara nasional melalui Apel Gelar Pasukan yang dipusatkan di Tol Cipali. Sedangkan untuk Layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 36 armada patroli, 48 armada derek, 12 kendaraan rescue, 21 ambulans serta petugas call center yang selalu siaga 24 jam,” papar dia.

“Total lebih dari 800 Closed-Circuit Television (CCTV) yang terpasang di sepanjang jalan tol ASTRA Infra akan memantau kondisi trafik. Selain petugas layanan yang sigap membantu pengguna jalan tol, akan ada live report yang secara berkesinambungan melaporkan situasi terkini kondisi lapangan,” lanjut Kris
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)