Asal Usul Nama dan Sejarah Kebumen, Wilayah Penyumbang Prajurit untuk Perlawanan Sultan Agung Terhadap VOC

Selasa, 04 April 2023 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, untuk penetapan Hari Jadi Kabupaten Kebumen telah ditetapkan pada tanggal 21 Agustus 1629. Tanggal tersebut berlandaskan pada peristiwa heroik dari Ki Bodronolo (Bupati Pertama Panjer/ Kebumen) menyokong pasokan pangan untuk pasukan Mataram pimpinan Sultan Agung saat menyerang VOC ke Batavia.

Panembahan Ki Bodronolo merupakan salah satu orang yang memiliki peranan penting dalam membantu Sultan Agung ketika menyerang Belanda di Batavia. Beliau adalah utusan dari Kerajaan Mataram untuk mempersiapkan perbekalan logistik para prajurit Mataram yang hendak berperang.

Saat memegang amanat tersebut Ki Bodronolo telah menjalankan dengan sebaik-baiknya dan memusatkan seluruh perbekalan logistik di wilayah Panjer Kebumen. Atas jasanya itu, Sultan Agung kemudian memberikan penghargaan kepada Ki Bodronolo untuk menjadi pemimpin di wilayah Kyai Bumi atau Kebumen.

Pengangkatan Ki Bodronolo inilah yang kemudian menjadi tanda pembukaan awal Kebumen yang dipimpin oleh seorang bupati. Tanggal 21 Agustus 1629 kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Kebumen berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen.
(bim)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)