Sambil Bersepeda, Anggota DPRD Kendal Dapil 5 Ajak Warga Pakai Masker

Selasa, 28 April 2020 - 21:00 WIB
loading...
Sambil Bersepeda, Anggota DPRD Kendal Dapil 5 Ajak Warga Pakai Masker
Sekretaris Komisi A DPRD Kendal, Sri Rohanah membagi-bagikan masker di beberapa titik jalan yang dilintasi. FOTO/Istimewa
A A A
KENDAL - Berbagai cara dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat mencegah penularan pandemi COVID-19. Salah satu yang cukup menarik perhatian, dilakukan oleh Sekretaris Komisi A DPRD Kendal, Sri Rohanah.

Sebulan terakhir ini, Bu Hana, panggilan akrabnya, melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah desa di Dapil 5 meliputi Kecamatan Weleri, Ringinarum, dan Gemuh. Anggota dewan dari Fraksi PKB ini melakukan sosialisasi dan sekaligus pengawasan penanganan wabah virus corona dengan cara yang unik.

Bersama komunitas sepeda KGB, dia membagi-bagikan masker di beberapa titik jalan yang dilintasi. Tidak hanya di jalan, tapi dia juga mendatangi ke rumah-rumah warga, menghampiri yang sedang di ladang, dan menghadang yang hendak masuk ke masjid untuk dibagikan masker.

Terkait aksinya itu, Hana mengaku menjalaninya dengan gembira. Dalam satu kesempatan dirinya gowes bareng KGB, senam sehat bareng emak-emak Fatayat NU, besoknya lagi bersama tim Polsek dan LazisNU bagi-bagikan sembako.

"Alhamdulilah dengan bersepeda, banyak jalan menemui warga, kita ajak masyarakat untuk hidup sehat mencegah wabah virus corona di lingkungan masing-masing. Dengan bertemu langsung, saya jadi tahu kondisi yang sebenarnya," kata Rohana.

Menurutnya, mengajak masyarakat untuk melawan corona tidak cukup dengan hanya memberikan imbauan, tapi perlu ditindaklanjuti dengan memberikan contoh tindakan langsung. Selain itu, imbuhnya, berhadapan dengan masyarakat harus bisa fleksibel dan tidak perlu kaku.

"Contoh ketika saya datang, warga sedang menjemur padi dan jagung di halaman rumahnya dan jalan-jalan gang. Sambil mereka lakukan aktivitasnya, kami selipi muatan edukasi tentang perlunya berjemur untuk mencegah terjangkiti corona," katanya.

Rohana masih melakukan kegiatannya itu hingga memasuki bulan puasa sekarang ini. Anggota dewan yang dikenal dekat komunitas nahdliyin ini mengaku telah mengagendakan sejumlah kegiatan selama bulan puasa bareng LazisNU dan banom-banom NU setempat.

Terpisah, Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun mengatakan, lembaganya saat ini fokus mengawasi pelaksanaan tanggap darurat COVID-19. Seluruh anggota DPRD telah diperintahkan untuk melakukan pengawasan di dapilnya masing-masing.

"Kami juga telah mendorong Pemkab Kendal dan Gugus Tugas untuk menyiapkan tanggap dampak ekonomi dan sosial dari wabah corona ini. Bahkan dari Sekretariat Dewan telah menyumbangkan anggaran untuk dialihkan ke penanganan COVID-19," kata Makmun.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)