Terseret Arus Sungai, Jembatan Gantung Penghubung Kabupaten Ciamis- Kuningan Putus

Senin, 27 Maret 2023 - 08:14 WIB
loading...
Terseret Arus Sungai, Jembatan Gantung Penghubung Kabupaten Ciamis- Kuningan Putus
Jembatan gantung yang menghubungkan dua kabupaten yakni Ciamis dan Kuningan di Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terseret Luapan Arus sungai Cijolang. iNew TV/Acep
A A A
CIAMIS - Jembatan gantung yang menghubungkan dua kabupaten yakni Ciamis dan Kuningan di Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis , Jawa Barat terseret Luapan Arus sungai Cijolang. Akibatnya, warga harus memutar 10 kilometer untuk menuju jalan alternatif.

Menurut warga setempat, Kuswara (81) jembatan tersebut hanyut pada, Sabtu pukul 17.00 WIB. Kondisi cuaca saat itu hujan deras di wilayah perbatasan hingga terjadi kenaikan debat air naik setinggi 5 meter dan menggerus jembatan gantung.

"Kemarin itu hujan besar kurang lebih du jam. Setelah itu air sungai meluap setinggi 5 meter. Sehingga pelat lantai jembatan itu terbawa arus. Jadi ini yang tersisa hanya kawat sling jembatan dan pengaitnya saja," ujar Kuswara.

Kuswara mengatakan, sebelum jembatan tersebut dibangun warga menggunakan rakit untuk menyeberangi sungai. Setelah dibuatkan dan diresmikannya tahun 2020 jembatan tersebut dapat mempersingkat aktivitas warga. "Sehingga tidak perlu memutar hingga 10 kilometer untuk melintas," pungkasnya.

Baca: Sakit Hati Dituduh Curi Sapi, Arsyad Habisi Nyawa Imam Masjid.

"Dengan rusaknya jembatan ini justru sangat terganggu sekali untuk aktivitas warga, karena jembatan ini merupakan jembatan alternatif satu-satunya yang digunakan warga seperti berangkat anak-anak ke sekolah, pergi ke pasar," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)