Inflasi DIY Melebihi Angka Nasional, 2 Komoditas Ini Pemicunya

Kamis, 02 Maret 2023 - 13:00 WIB
loading...
A A A
Akan tetapi peningkatan laju inflasi tertahan oleh berlanjutnya penyesuaian tarif angkutan udara serta penurunan harga telur ayam.

Penurunan tarif angkutan udara disebabkan berakhirnya masa berlaku penerapan biaya tambahan oleh maskapai menjadi faktor yang menahan laju inflasi.

"Tarif juga turun seiring dengan normalisasi permintaan terhadap angkutan udara yang terjadi pada periode off season pariwisata domestik," katanya.

Selain tarif angkutan, lanjut Budiharto, harga telur ayam ras di DIY juga melanjutkan deflasi seiring dengan ketersediaan pasokan yang meningkat.

"Produksi dari peternak ayam petelur mulai normal setelah sempat mengalami pemotongan jumlah populasi akibat harga yang jatuh saat pandemi melanda," katanya.

Dia menuturkan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY terus bersinergi mencermati kondisi Inflasi untuk menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, serta memperkuat koordinasi guna menjaga inflasi tetap rendah dan stabil.

"Mengantisipasi risiko inflasi ke depan, terutama menyambut hari besar keagamaan nasional dan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat ke kondisi prapandemi," pungkasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)