Kukuhkan Relawan di DIY, Benny Kisworo: Ganjar Pemimpin yang Peduli Kebudayaan

Jum'at, 17 Februari 2023 - 21:11 WIB
loading...
Kukuhkan Relawan di DIY, Benny Kisworo: Ganjar Pemimpin yang Peduli Kebudayaan
Ketua Umum Kornas Relawan Pro Ganjar Pranowo (ProGP), Benny Kisworo mengukuhkan Korwil dan 5 Korda Relawan ProGP se-Provinsi DIY. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Ketua Umum Kornas Relawan Pro Ganjar Pranowo (ProGP), Benny Kisworo mengukuhkan Korwil dan 5 Korda Relawan ProGP se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Benny menjelaskan, Ganjar Pranowo sosok pemimpin yang cinta dan konsen dalam melestarikan nilai luhur kebudayaan.

"Ganjar Pranowo sosok pemimpin yang meyakini, bahwa peradaban Indonesia di masa depan ditentukan sejauh mana keseriusan bangsa dalam menghidupkan dan melestarikan kebudayaan yang adiluhung" kata Benny saat mengukuhkan Relawan ProGP se-Provinsi DIY di Kota Yogyakarta, Jumat (17/02/2023).

Menurut Benny, Ganjar selalu menegaskan, pendidikan sudah seharusnya mengajarkan nguri-uri kabudayaan. Sebab, karakter bangsa di masa depan sangat bergantung pada karakter anak bangsa hari ini.

"Tugas pendidikan yang utama adalah menjaga agar nilai-nilai adiluhung tersebut tidak hilang ditelan zaman," jelasnya.

Benny prihatin, banyak anak muda sekarang ketika sudah sukses malah melupakan orang tuanya. Di sinilah karakter itu sangat penting. Menurut Benny, budaya adiluhung harus diajarkan sejak dini, supaya tidak luntur.

"Toh sekarang banyak orang merasa hebat dan bangga dengan kebudayaan orang lain. Kebudayaan sendiri malah tidak diurusi. Ini kan mengkhawatirkan," papar Benny.

Permasalahan Indonesia ke depan, papar Benny, bakal jauh lebih kompleks. Pendidikan yang berbasis pada teknologi merupakan keniscayaan sebagai upaya menyesuaikan diri dengan zaman. Tetapi menurutnya, bukan berarti tujuan pendidikan serta-merta tercapai.

"Teknologi itu sangat penting untuk membangun peradaban. Tetapi kita perlu ingat, kepintaran itu bukanlah satu-satunya tujuan pendidikan. Menghasilkan karakter anak didik yang adiluhung juga termasuk tujuan pendidikan," terang Benny.

"Oleh karenanya, menanggulangi dampak negatif dari perkembangan teknologi harus dicari solusinya lewat kebudayaan adiluhung yang dimiliki oleh Indonesia," lanjut Benny.

Benny menegaskan, Ganjar adalah sosok yang dibutuhkan Indonesia ke depan, sebab Ganjar sangat menekankan tujuan pembangunan nasional tidak akan tercapai tanpa menghidupkan dan melestarikan kebudayaan.

"Karena kebudayaan inilah yang membentuk karakter kita sebagai masyarakat Indonesia yang sangat menghormati perbedaan," terang Benny.

Ini menegaskan sambung Benny, bahwa sosok Ganjar sangat peduli terhadap masa depan Indonesia. Sekaligus sangat peduli dengan kebudayaan adiluhung yang harus tetap dihidupkan dan dilestarikan.

"Pemimpin yang sangat peduli dengan kebudayaan perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan cita-cita bersama sesuai UUD 1945 dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4820 seconds (0.1#10.140)