Kisah Tragis Gajah Mada Jadi Buronan Pasukan Majapahit

Sabtu, 04 Februari 2023 - 05:00 WIB
loading...
Kisah Tragis Gajah Mada Jadi Buronan Pasukan Majapahit
Mahapatih Gajah Mada.Ilustrasi
A A A
Gajah Mada , mahapatih Kerajaan Majapahit nasibnya berakhir memilukan. Sumpah Palapa Gajah Mada yang melegenda justru menjadi pemicu dihukumnya sang mahapatih. Gajah Mada dipersalahkan usai peristiwa pembantaian Raja Sunda dan permaisurinya di Lapangan Bubat. Terutama Raja Wengker yang menuntut Gajah Mada dihukum.

Petaka Bubat (1357) yang berujung turut tewasnya putri Sunda Dyah Pithaloka Citrarasmi membuat Hayam Wuruk memendam duka lara. Raja Majapahit itu pun jatuh sakit dan akhirnya mangkat.

Raja Wengker yang murka segera mengumpulkan para menteri untuk membicarakan sebab musabab wafatnya srinata. "Bagaimana pun Gajah Mada harus mendapat hukuman setimpal," tulis Slamet Muljana dalam "Menuju Puncak Kemegahan, Sejarah Kerajaan Majapahit".

Andai Gajah Mada tidak memaksa Dyah Pithaloka Citrarasmi sebagai persembahan, perang Bubat tidak akan pernah terjadi. Raja Hayam Wuruk dan putri Sunda akan bersanding sebagai pasangan mempelai dalam pernikahan agung.

Terbayang Majapahit dan Sunda menjadi satu. Masalah muncul saat di tengah prosesi pernikahan, Gajah Mada tiba-tiba berinisiatif melakukan penaklukan. Sunda harus tunduk meskipun melalui jalan perkawinan.

Baca juga: Asal Usul Kabupaten Blora, Berawal dari Cerita Rakyat Belor

Keinginan Gajah Mada memposisikan Pithaloka sebagai persembahan Raja Majapahit ditolak mentah-mentah Raja Sunda. Gajah Mada bersikeras yang membuat Raja Sunda marah. Darah pun tumpah.

Perang antara pasukan Majapahit dengan pasukan Sunda meletus di Lapangan Bubat. Nyawa Raja Sunda beserta permaisurinya melayang. Para Menak Sunda yang melihat rajanya terbunuh, mengamuk. Namun semua bukan tandingan Gajah Mada. Satu-persatu binasa.

Rencana indah pernikahan agung itu pun kandas. Raja Hayam Wuruk hanya bisa menyesali keadaan. Hayam Wuruk kehilangan selera menyentuh makanan dan minuman. Raja Majapahit itu juga jarang tidur yang itu membuatnya jatuh sakit dan akhirnya mangkat. Tuntutan Raja Wengker menghukum Gajah Mada mendapat sokongan Raja Kahuripan.

Dari berbagai sumber menyebut, Raja Wengker yang dimaksud adalah Raden Kuda Amreta atau Bhreng Prameswara Ring Pamotan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)